Media pembelajaran Matematika



Judul Media
                                                      Taro ( Tebak Angka Romawi )








Standar Kompetensi
Menggunakan lambang bilangan Romawi

Kompetensi Dasar
1. Mengenal lambang bilangan Romawi
2. Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya

Alat dan Bahan Media Taro
Bahan :
1.      Kertas manila putih
2.      Kertas bufallo
3.      Kertas origami
4.      Gambar angka romawi dan biasa
5.      Lakban hitam
6.      Lem gluvinal
7.      Double tip
8.      Spidol besar hitam
9.      Papan
1    Dadu
1    Paku
      

Alat :
1.      Gunting
2.      Cutter
3.      Penggaris
4.      palu



Justifikasi biaya yang dikeluarkan
Bahan
jumlah
Biaya
1.      Kertas manila putih
2 lembar
3.300
2.      Kertas bufallo
6 lembar
3.000
3.      Kertas origami

9 lembar
2.500
4.      Lakban hitam
2 buah
10.000
5.      Lem gluvinal
1 buah
2.200
6.      Spidol besar hitam
1 buah
6.500
7.      Paku

2.000
8.      Gunting
1 buah
5.500
9.      Print angka romawi dan biasa
6 lembar
9.000
10.  Double tip
1 buah
4.000
Jumlah
Rp.  46.000



Langkah – langkah Pembuatan Media

Langkah – Langkah Pembuatan Media dalam Taro
1.      Pertama – tama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Belah kertas manila menjadi 2 bagian kemudian tempel di triplek dengan menggunakkan lem kertas.
3.      Dengan menggunakkan lakban hitam bagian pinggir triplek ditutup  agar terlihat lebih rapi.
4.      Dengan menggunakkan spidol buat tepi garis 2 cm kemudian dibagi menjadi 9 bagian yaitu 3 x 3
5.      Kemudian untuk memberi variasi warna dengan menggunakkan kertas origami yang dibentuk angka dan kemudian di tempel.
Langkah – Langkah Pembuatan Papan Romawi
1.      Triplek ditempeli kertas manila dengan menggunakkan lem kertas.
2.      Dengan menggunakkan lakban hitam bagian pinggir triplek ditutup  agar terlihat lebih rapi.
3.      Dengan menggunakkan spidol buat tepi garis 2 cm kemudian dibagi menjadi 9 bagian yaitu 3 x 3
4.      Kemudian print out kertas bilangan romawi dan bilangan cacah digunting dan dipasang  di papan yang telah dibuat dan diberi paku.
Langkah – Langkah Pembuatan Mata Dadu
1.        Rubik ditempel kertas manila menggunakan double tip.
2.        Dengan menggunakan spidol dibuat pola berbentuk lingkaran – lingkaran sesuai dengan jumlah mata dadu.
Langkah – langkah penulisan angka romawi.
1.        Kita siapkan kertas origami dengan pilihan 2 warna. Salah satu siswa memilih warna kertas origami yang akan digunakan untuk menulis jawaban di papan.
2.        Setelah siswa melempar dan melihat angka tulisan romawi kemudian menuliskan jawaban dan di tempel di papan. Jika siswa mampu membuat diagonal baik lurus ataupun miring berjajar 3 maka siswa telah memenangkan permainan.



Cara Penggunan Media
1.      Pertama – tama siswa dibentuk secara berkelompok.
2.      Diberi papan permainan TARO dan juga papan angka romawi bilangan cacah
3.      Setiap siswa diberi kesempatan untuk melempar dadu sebanyak 3 kali
4.      Setelah melempar dadu kemudian mengambil salah satu angka romawi / bilangan cacah yang tersedia di papan tersebut
5.      Siswa diberi tugas untuk menulis nilai berapa yang didapat ditulis dibuku dan hasil dari perkelompok di presentasikan di depan kelas. Bagi siswa yang dapat menyusun tic tac toe secara berjajar 3 mendapat reward/hadiah langsung dari perminan.
Untuk evaluasi dalam pemantapan materi menggunakkan LKS (Lembar Kerja Siswa) agar dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa dalam materi angka romawi





                                                                  Lembar Kerja Siswa

25  =
XII =
50  =
16 =
31 =
42 =
VII =
6 =
27 =
XXX =
IX =
54 =
68 =
74 =
95 =
100 =
85 =
XL =
XXIV =
XXV =
XXII =
XIV =
9 =
20 =
14 =
33 =
60 =
59 =
77 =
V =






 



Materi dalam penulisan angka romawi
1.   Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil terletak di kiri, untuk membacanya dapat diuraikan dalam bentuk pengurangan.
Contoh :
IV = V – I     IX = X - I
   = 5 – 1         = 10 - 1
     = 4            = 9
Bisa kita lihat aturan jika dalam penulisan angka III tidak boleh berjajar lebih dari 3 maka dari itu angka 4 ditulis IV


2.  Jika lambang yang menyatakan angka lebih kecil terletak di kanan maka lambang bilangan romawi tersebut dapat diuraikan dalam bentuk penjumlahan.
Contoh :
VIII = V + I + I + I
       = 5 + 1 + 1 + 1
       = 8

























 

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi