Modul IPA tentang ekosistem




KATA PENGANTAR


Pada saat ini dunia pendidikan di Indonesia makin berkembang semakin maju, hal ini dapat terbukti dengan ditetapkannya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013. Kurikulum ini mendorong siswa untuk beraktivitas tanpa batas, memberi kebebasan kepada siswa untuk bertanya, mengeluarkan pendapat dan berdiskusi. Untuk mendukung Kurikulum 2013 , maka dibutuhkan banyak referensi sebagai bekal siswa untuk mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin, khususnya untuk mata pelajaran IPA yang menuntut suatu pemahaman yang luas.Kenyataan di lapangan untuk mendapatkan referensi materi pelajaran IPA tidak mudah, hal ini bisa disebabkan oleh karena keterbatasan buku-buku yang tersedia atau bahkan dikarenakan keterbatasan siswa untuk mendapatkan buku-buku dari penerbit-penerbit nasional yang harganya bisa saja tidak terjangkau. Berdasarkan kenyataaan di atas dengan berlandaskan niat untuk membantu dan mendukung proses belajar mengajar, dengan mendapat restu dari Kepala Sekolah maka dengan ini terlahirlah modul pembelajaran IPA yang berisi rangkuman dari berbagai sumber referensi baik dari buku-buku paket, buku-buku penerbit nasional dan dari bahan yang ditayangkan di internet.
Materi yang termuat dalam modul disesuaikan dengan Kurikulum 2013 yang dikeluarkan Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Modul ini juga dilengkapi dengan bahan-bahan evaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswadalam memahami materi yang disajikan.Modul ini disusun untuk dimanfaatkan dalam kalangan sendiri,semata-mata hanya untuk membantu Siswa Kelas V Sekolah Dasar, mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai serta dapat meningkatkan kompetensinya, khususnya untuk mata pelajaran IPA. Demikianlah semoga dengan tersusunnya modul ini dapat memberi manfaat kepada siswa secara pribadi serta mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar, dan untuk lebih luasnya dapat meningkatkanmutu pendidikan di negara kita ini.
                                                                                                                          
Penyusun

 





Petunjuk Penggunaan Modul

1.     Kalian wajib mempelajari modul ini sesuai dengan kegiatan belajar yang sesuai dengan petunjuk kerja.
2.    Kalian wajib membaca dengan cermat setiap pernyataan dan petunjuk yang terdapat dalam modul.
3.    Identifikasikanlah wacana dan gambar untuk membuat rumusan masalah pada tahap pendahuluan.
4.    Buatlah rumusan masalah dan hipotesis sebagai tahapa awal pembentukan konsep.
5.    Rancanglah suatu percobaan yang sesuai dengan rumusan masalah dan hipotesis sebagai produk pada tahap pembentukan konsep.
6.    Lakukan percobaan sesuai rancangan percobaan pada tahap aplikasi konsep.
7.    Simpulkan hasil pembelajaran sebagai pemantapan konsep.
8.    Kerjakanlah setiap tugas dalam modul dengan sistematis dan teliti.
9.    Setelah selesai kegiatan belajar, kalian wajib menjawab soal evaluasi sebagai tahap penilaian.
10.  Bekerjasamalah dengan teman yang lain pada saat berkelompok.
11.  Berusahalah untuk selalu aktif berdiskusi dan bertanya dalam proses pembelajaran selama menggunakan modul.
12.  Pelajarilah materi sampai tuntas sebelum beranjak ke bab berikutnya.
13.  Setelah selesai mempelajari semua bagia pada modul, modul dikumpulkan untuk diperiksa oleh guru.

 

 

 

 

 


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................................................. i
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL.................................................................................. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................................... iii
GAMBARAN UMUM............................................................................................................... iv
KOMPETENSI INTI............................................................................................................ viii
PEMETAAN KD DAN INDIKATOR................................................................................... ix
APERSEPSI................................................................................................................................ 1
BAGIAN I.................................................................................................................................. 1
Ayo Membaca (Ekosistem).............................................................................................. 2
Perumusan Masalah............................................................................................................ 2
Membuat Hipotesis.......................................................................................................... 3
Percobaan............................................................................................................................ 4
Mengumpulkan dan Menganalisis Data.......................................................................... 5.
Membuat Kesimpulan........................................................................................................ 5
BAGIAN II............................................................................................................................... 6
Ayo Membaca..................................................................................................................... 6
Perumusan Masalah............................................................................................................ 8
Membuat Hipotesis.......................................................................................................... 9
Percobaan............................................................................................................................ 9
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data.............................................................. 10.
Membuat Kesimpulan....................................................................................................... 11
BAGIAN III........................................................................................................................... 12
Ayo Membaca.................................................................................................................... 12
Perumusan Masalah.......................................................................................................... 13
Membuat Hipotesis......................................................................................................... 15
Percobaan.......................................................................................................................... 15
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data.............................................................. 16.
Membuat Kesimpulan...................................................................................................... 17
BAGIAN IV............................................................................................................................. 18.
Perumusan Masalah.......................................................................................................... 18
Membuat Hipotesis......................................................................................................... 19
Ayo Membaca.................................................................................................................... 19
Percobaan.......................................................................................................................... 20
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data.............................................................. 21.
Membuat Kesimpulan...................................................................................................... 21
Latihan Soal............................................................................................................................. 22
Kunci Jawaban Soal Bab Ekosistem................................................................................... 27
Glosarium................................................................................................................................. 28
Daftar Pustaka....................................................................................................................... 29
















Gambaran Umum
 


Modul Pembelajaran mengenai Ekosistem ini dibagi menjadi 3 sub kegiatan yaitu Murid di ajak untuk memahami suatu paragraph, mengisi suatu percobaan, mengumpulkan data dan menganalisis data serta membuat kesimpulan.
Memahami paragraph dimulai dengan mengajak siswa untuk membaca beberapa paragraph yang memiliki beberapa pokok penting
Kemudian siswa menemukan beberapa pokok penting dalam paragraph yang di wujudkan dalam bentuk pertanyaan.
 



























Dalam percobaan siswa di ajak untuk aktif melakukan instruksi yang akan diberikan pada setiap bagian berdasarkan pada yang telah ia baca.
Tahap berikutnya siswa diajak untuk membentuk hipotesis dari pokok pokok pertanyaan yang berhasil ia wujudkan.
Dalam hal ini murid memaparkan dan mengisi beberapa jenis pertayaan yang telah disediakan
 





































Setelah melakukan beberapa kegiatan, murid diajak untuk membuat kesimpulan, apa saja yang telah ia lakukan dalam bagian tersebut
Kompetensi Inti
 























KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


PemetaanKD dan Indikator
3.5 Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
Indikator :
Kompetensi Dasar :
 










1.      Menjelaskan tentang ekosistem
2.      Menjelaskan tentang daur hidup
3.      Menjelaskan tentang rantai makanan
4.      Membuat rantai makanan dengan keterangannya
 




















Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
APERSEPSI

 

 


























Bagian 1
Ayo Membaca
 




Ayo Membaca (Ekosistem)

Ekosistem
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
(Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)


Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
Perumusan Masalah

 





































....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Udin senang dapat berbagi pengetahuan bersama dengan teman-temannya. Ia pun mulai melihat lingkungan di sekelilingnya. Ada banyak hal di dalam buku yang dibacanya, ada di sekitarnya. Benda hidup dan benda tak hidup, manusia, hewan, serta tumbuhan, semuanya saling berinteraksi di dalam ekosistem. Ia pun ingin tahu lebih dalam tentang dunia hewan. Bagaimana hewan-hewan di setiap ekosistem mendapatkan makanannya? Tulislah jawabanmu dikolom dibawah ini !










Membuat Hipotesis

 



Setelah menuliskan rumusan masalah, tuliskan hipotesismu pada kolom berikut ini !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 
























Ayo Mengamati
LINGKUNGAN BIOTIK DAN ABIOTIK
Percobaan

 









Amatilah lingkungan sekitarmu.
Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut!
Bawalah peralatan seperti :
1.     Buku Tulis
2.    Alat Tulis
Langkah-langkah kegiatan:
1.    Pergilah ke tempat terbuka, misalnya taman sekolah !
2.   Amatilah sekitarmu, tulislah benda-benda di sekitarmu dan kelompokkan termasuk benda apakah itu termasuk abiotik atau biotik.  Kemudian buatlah kolom seperti dibawah ini!

Nama Benda
Biotik
Abiotik






Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data

Setelah melakukan percobaan diatas, kelompokkanlah hasil pengamatanmu dengan cara memberi tanda centang(√) !
 






Nama Benda
Biotik
Abiotik




Membuat Kesimpulan

 

Membuat Kesimpulan


          Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
Kesimpulan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
Bagian 2
Ayo Membaca !













 













Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar mendapatkan cukup sinar matahari. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini adalah ganggang. Ekosistem air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam. Berbagai jenis ikan, kerang, koral, dan makhluk laut lainnya hidup pada ekosistem ini. Terdapat juga beberapa jenis hewan kecil dan tumbuhan alga yang dapat membuat sendiri makanannya.
Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem

Ekosistem darat contohnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkat curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut menyebabkan jenis tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda. Tumbuhan seperti rotan dan anggrek, serta hewan seperti kera, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem  hutan hujan tropis. Ekosistem sabana memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis. Hewan-hewan yang hidup di sabana antara lain berbagai jenis serangga  dan mamalia seperti zebra dan singa.




Ekosistem Padang Rumput
Ekosistem Gurun
 


Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem


Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem adalah rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini, contohnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular. Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan jenis kaktus yang memiliki duri untuk mengurangi penguapan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, dan kalajengking.


Perumusan Masalah

 

Perumusan Masalah


Setelah kamu membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan. Catat juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang tersedia di bawah ini. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar.

Setelah membaca bacaan diatas, adakah hal lain yang ingin kamu ketahui ? tulislah pertanyaanmu pada kolom dibawah ini.

Pertanyaan
1.     ....................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    .......................................................................................................................................................................................................................................................................
5.    .......................................................................................................................................................................................................................................................................
6.    ........................................................................................................................................................................................................................................................................
7.    ........................................................................................................................................................................................................................................................................
8.    ........................................................................................................................................................................................................................................................................
9.     
 

















Membuat Hipotesis

 

Membuat Hipotesis


Setelah membuat pertanyaan tulislah jawabanmu pada kolom dibawah ini !
1.     ......................................................................................................................................................................................................................................................
2.    ......................................................................................................................................................................................................................................................
3.    ......................................................................................................................................................................................................................................................
4.    ......................................................................................................................................................................................................................................................
5.    ......................................................................................................................................................................................................................................................
6.    ......................................................................................................................................................................................................................................................
Ayo Mengamati
Percobaan

 


















Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat atau lima orang. Pergilah ke suatu tempat yang terdapat ekosistem didalamnya. Bersama temanmu amatilah tempat yang kamu datangi kemudian tulislah nama ekosistem dan makhluk hidup apa saja yang ada didalamnya.


Jangan lupa membawa alat tulismu dan pergilah ketempat yang dimana kamu dapat menemukan sebuah ekosistem.
Lalu, buatlah tabel seperti contoh berikut.

Nama Ekosistem
Jenis Makhluk Hidup








Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data

 


Setelah melakukan percobaan diatas, masukkan hasil diskusimu kedalam tabel berikut ini !
 





Nama Ekosistem
Jenis Makhluk Hidup





Membuat Kesimpulan

 

Membuat Kesimpulan


          Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
Kesimpulan : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................……………........................................................................................................
Ayo Membaca !
Bagian 3




























Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem













Pernahkah kamu melihat ketiga hewan tersebut? Di manakah kamu melihatnya? Bagaimana perasaanmu ketika melihat ketiga hewan tersebut?
Perhatikanlah bahwa ketiga hewan merupakan hewan muda yang baru saja dilahirkan dan menetas. Setiap hewan memiliki cara tersendiri dalam proses perkembangbiakannya. Hewan-hewan tersebut mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda satu sama lain. Proses ini dinamakan proses daur hidup atau siklus hidup.

Perumusan Masalah










Daur Hidup Hewan
Hewan sebagai salah satu komponen ekosistem memerlukan lingkungan yang baik untuk berkembang biak. Perubahan ekosistem dapat memengaruhi perkembangbiakan. Setiap hewan mengalami tahapan perkembangan tersendiri dan khas. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan disebut daur hidup. Di dalam daur hidupnya, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada tahap tumbuh kembangnya disebut mengalami metamorfosis. Hewan apa sajakah yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis? Berdasarkan perubahan bentuknya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjadi ketika hewan mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahap perkembangannya.
Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak dan kupu-kupu. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. Kemudian, telur menetas menjadi ulat atau larva yang aktif mencari makanan. Setelah cukup mendapatkan makanan, ulat berubah menjadi pupa atau kepompong yang tidak bergerak dan melekat pada bagian pohon. Pupa merupakan masa istirahat sebagai persiapan menjadi kupu-kupu dewasa.






Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada

hewan yang mengalami perubahan bentuk

yang  tidak  terlalu  berbeda  pada  setiap

perkembangannya. Hewan kelompok ini tidak

mengalami  fase  larva  dan  pupa.  Contoh

hewan yang mengalami metamorfosis tidak

sempurna adalah kecoa. Kecoa berkembang

biak dengan bertelur. Telur kecoa menetas

berubah menjadi kecoa muda yang disebut

nimfa.  Nimfa  mengalami  beberapa  kali
Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem

pergantian  kulit  sebelum  menjadi  kecoa
Daur Hidup Kecoa
dewasa. Pergantian kulit ini disebut ekdisis.





Sumber : Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
                    

Selain serangga dan katak, hewan lain mengalami daur hidup tanpa metamorfosis atau tanpa mengalami perubahan bentuk. Contoh jenis hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah ikan dan kadal. Ikan hidup di air dan berkembang biak dengan bertelur. Telur ikan menetas, lalu menjadi ikan muda, kemudian menjadi ikan dewasa. Bentuk ikan muda dan ikan dewasa tidak banyak mengalami perubahan. Demikian juga dengan kadal. Setelah bertelur, telur kadal akan menetas dan muncullah kadal muda. Seiring dengan waktu, kadal muda tumbuh dan berkembang menjadi kadal dewasa yang siap bertelur kembali setelah melakukan perkawinan dengan kadal dewasa lain.
Sumber: BSE IPA Kelas 4, 2010





Setelah membaca bacaan diatas, adakah hal lain yang ingin kamu ketahui ? tulislah pertanyaanmu pada kolom dibawah ini.

Pertanyaan
1.     ....................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    ...................................................................................................................................................................................................................................................................
5.    ....................................................................................................................................................................................................................................................................

Membuat Hipotesis

 










 



Setelah membuat pertanyaan tulislah jawabanmu pada kolom dibawah ini !
1.     ........................................................................................................................................................................................................................................................
2.    ........................................................................................................................................................................................................................................................
3.    ........................................................................................................................................................................................................................................................
4.    ........................................................................................................................................................................................................................................................
5.    ........................................................................................................................................................................................................................................................

                            










Percobaan

Ayo Mencoba
 







Amatilah lingkungan sekitarmu.
 Bawalah serta alat tulismu
Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut!

Langkah-langkah kegiatan:
1.    Amatilah binatang di sekitarmu!

2.   Amatilah tahap perubahanya, tulislah setiap tahap perubahan hewan yang kamu amati .  Kemudian buatlah kolom seperti dibawah ini!

Nama
Hewan
Metamorfosis
Sempurna
Metamorfosis Tidak Sempurna













Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data

Setelah melakukan percobaan diatas, masukkan hasil diskusimu kedalam tabel berikut ini !
 

 

 



Nama
Hewan
Metamorfosis
Sempurna
Metamorfosis Tidak Sempurna




Membuat Kesimpulan

 



Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
PERUMUSAN MASALAH

Kesimpulan : ..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bagian 4







 


 



Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus.Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton),konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang,dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar. Bagaimana jika urutan peristiwa memakan dan dimakan diatas tidak dapat berjalan dengan seimbang ? Dan bagaimana jika salah satu komponen tersebut tidak ada ? Tulislah jawabanmu dikolom dibawah ini !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
MEMBUAT HIPOTESIS
 





 








Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan
tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut
AYO MEMBACA !
Bersama teman sebangkumu, tentukan sebuah rantai makanan yang ada di sebuah ekosistem. Tentukan dahulu ekosistem yang akan dipilih (baik dalam ekosistem laut maupun ekosisem darat !

RANTAI MAKANAN
Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton),konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang,dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dankonsumen kedua, dan seterusnya lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidakada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut.Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitupengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zatyang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contohpengurai adalah bakteri dan jamur.



 

























Menurut saya, ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Ayo Mencoba

PERCOBAAN
 






 

 




 Mengamati

Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data

Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang
terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai.
Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.
 













Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data

Membuat Kesimpulan

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Setelah melakukan percobaan diatas, tulis dan gambar dengan sederhana pada kolom berikut ini !

 













Kesimpulan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
                                                                                







LATIHAN SOAL!
 


1.     Yang dimaksud dengan lingkungan biotik adalah lingkungan…
a. yang terdiri atas udara, air, dan tanah
b. yang disusun produsen, konsumen, dan pengurai
c. fisik sebagai habitat fauna dan flora
d. yang menunjang manusia dan aktivitasnya

2.    Dalam suatu ekosistem perairan Rhodophyceae berperan sebagai….
a. Penguarai
b. Penyedia karbondioksida
c. Konsumen primer
d. Produsen

3.    Pada ekosistem laut daerah yang komponen tingkat produsennya paling banyak yaitu daerah….
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batisal

4.    Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada….
a. zooplankton
b. fitoplankton
c. ikan kecil
d. ikan besar

5.    Jika kadar karbon dioksida dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya yaitu…
a. produsen
b. pengurai
c. karnivora
d. konsumen

6.    Pada daerah pasang surut, organisme berikut ini yang termasuk bentos adalah…
a. hydrila, obelia, spongia
b. kepiting, udang, ikan
c. ikan keong, kerang
d.  kepiting, keong, kerang

7.    Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun tetapi memacu pertumbuhan akar, terdapat pada habitat…..
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
d. padang rumput

8.    Berdasarkan kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewan yang aktif berenang tanpa terpengaruh oleh arus air dinamakan…
a. perifiton
b. nekton
c. neuston
d. plankton

9.    Kelompok tumbuhan sejenis yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu….
a. gulma air
b. ekosistem
c. populasi
d. komunitas

10. Suatu hutan di daerah tropis banyak ditumbuhi oleh pohon Sonneratia alba dengan daun yang rimbun. Ekosistem yang dimaksud adalah hutan…
a. musim
b. hujan tropis
c. pantai
d. bakau

11.  Dalam suatu ekosistem perairan Rhodophyceae berperan sebagai…
a. Pengurai
b. Penyedia oksigen
c. Konsumen primer
d.  Produsen
e. Konsumen sekunder

12. Bila karbon dioksida dalam ekosistem jumlahnya makin kurang, maka organisme yang pertama-tama akan mengalami dampak negative adalah:
a. karnivora puncak
b. pengurai
c. herbivora
d. produsen

13. Kalau terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar bahan itu yang paling tinggi akan didapatkan dalam….
a. tubuh hewan-hewan herbivora
b. tubuh serangga air
c. tumbuhan air
d. tubuh hewan-hewan karnivora

14. Makhluk hidup dan factor abiotik pada suhu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut:
a. bioma
b. ekosistem
c. komunitas
d. populasi

15. Kelompok tumbuhan padi yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu...
a. Populasi
b. Ekosistem
c. Individu
d. Komunitas

16. Wilayah Indonesia berada diantara dua daerah biogeografi, yaitu…
a. Oriental dan Neartik
b. Australia dan Neotropik
c. Neotropik dan Ethiopia
d. Oriental dan Australia

17. Hewan-hewan yang bersifat nocturnal banyak hidup pada…
a. kanopi hutan tropis
b. taiga
c. hutan gugur
d. padang rumput

18. Secara teoritis, suatu pulau akan memiliki kekayaan jenis paling besar bila pulau tersebut…
a. kecil dan terpencil dengan vegetasi lebat
b. kecil dan terpencil
c. besar dan dekat daratan utama
d. besar dan terpencil

19. Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun tetapi memacu pertumbuhan akar, terdapat pada habitat:
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
d. padang rumput

20.Hal berikut dapat ditemukan pada hutan hujan tropis, kecuali….
a. interaksi antarpopulasi
b. heterogenitas habitat
c. keanekaragaman iklim
d. ketersediaan energi tinggi

21.   Pada ekosistem laut, daerah dengan komponen biotic tingkat produsen paling banyak adalah daerah…
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batial

22.Dinamika penduduk suatu negara dipengaruhi oleh factor-faktor berikut, kecuali
a. transmigrasi
b. imigrasi
c. mortalitas
d. emigrasi

23.Seorang tokoh ekologi pada gambar yang menggambarkan relung ekologi sebagai kedudukan fungsional suatu organisme dalam komunitasnya adalah …
a. Charles Elton
b. Ernzt Haeckel
c. Charles Darwin
d. Louis Pasteur

24.Pertumbuhan populasi baik populasi manusia maupun hewan hewan besar , Penentu utama dalam pertumbuhan populasi itu adalah …
a. natalitas dan mortalitas
b. potensi biotik dan mortalitas
c. densitas dan natalitas
d. natalitas sebaran dan umum


25.Hubungan yang terjadi pada hewan beruang yang memangsa ikan salmon pada gambar sebagai makanannya disebut hubungan ...
a. Parasitisme
b. Memangsa
c. Komensalisme
d. Predasi

26.Diantara makhluk hidup berikut ini yang termasuk komponen Detritivor adalah ...
a. jamur dan bakteri
b. tumbuhan hijau
c. manusia
d. luing dan cacing tanah

27.Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah. Jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Disebut apakah interaksi tersebut...
a. Intreaksi antar organisme
b. Anabiosa
c. Interaksi antar komunitas
d.  Alelopati

28.Ketika katak disimpan pada suhu 30 derajat celsius dan dihitung,didapatkan jumlah denyut jantungnya yaitu 41 kali/menit. Jika katak tadi disimpan pada suhu 20 derajat celsius, maka jumlah denyut jantung katak akan...
a. Bertambah, karena perubahan suhu merupakan rangsangan bagi katak.
b. Tetap, karena katak merupakan hewan berdarah dingin.
c. Berkurang, karena darahnya menjadi lebih pekat pada suhu rendah.
d. Berkurang, karena kecepatan metabolismenya menurun.

29.Pasangan organisme dan taraf trofik berikut yang TIDAK tepat adalah...
a. fungi dan dekomposer
b. fitoplankton dan produsen
c. belalang dan konsumen primer
d. elang dan konsumen tersier

30.Berikut ini yaitu beberapa bakteri yang tidak mampu mengikat nitrogen baik secara langsung ataupun tidak yaitu...
a. Xanthomonas
b. Marsillea crenata
c. Azotobacter sp.
d. Anabaena sp.


Kunci Jawaban Soal Bab Ekosistem


1. C             11. D           21. C          
2
. D            12. D          22. A
3
. C            13. D          23. A
4
. D            14. B          24. A
5
. A            15. A          25. D
6
. D            16. D          26. D
7
. A            17. A          27. D
8
. B            18. C           28. C
9
. C            19. A          29. A
10
. D          20. C          30. A










GLOSARIUM
Abiotik                   : komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda
                                         benda tak hidup.

Bencana alam             : suatu peristiwa yang mengakibatkan dampak besar bagi
                                         populasi manusia.

Biotik                     : komponen lingkungan yang hidup dari ekosistem.

Daur hidup               : tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan.

Ekdisis                    : pergantian kulit atau peristiwa rontoknya kutikula pada
                                         artropoda.

Ekosistem                : interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak
                                         hidup pada sebuah lingkungan .
Fitoplankton              : sekelompok dari biota tumbuh-tumbuhan autotrof, mempunyai klorofil dan pigmen lainnya di dalam selnya dan mampu untuk menyerap energy radiasi dan CO2 untuk melakukan fotosintesis.
Gurun                     : merupakan ekosistem yang paling gersang karena curah
                                         hujan yang sangat rendah.
Humus                     : tanah yang sangat subur terbentuk dari lapukan daun
                                         dan batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat.
Individu                          : makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing,
                                         seekor burung, dan sebuah pohon cemara.
Jaring-jaring makanan  : kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam
                                        sebuah ekosistem.
Konsumen                 : makhluk hidup yang berperan sebagai pemakan bahan
                                         organic atau energy yang dihasilkanolehprodusen.
Komunitas                 : populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contohnya adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
Larva                     : bentuk hewan muda yang perkembangannya melalui
                                         metamorfosis.
Lingkungan                : segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
Metamorfosis            : hewan yang mengalami perubahan bentuk pada tahap
                                         tumbuh kembangnya.
Nimfa                     : hewan muda yang mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran kecil dengan perbandingan tubuh yang berbeda.
Pengurai                  : makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.
Populasi                   : kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut.
Pupa                      : masa istirahat sebagai persiapan menjadi kupu-kupu dewasa.
Produsen                  : makhlukhidup yang dapat menghasilkan bahan organik.
Zooplankton               : heterotrofik plankton (organisme yang
                                         Ada dilautan dan permukaan air tawar).








DAFTAR PUSTAKA

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Tema 5 Ekosistem
Rustaman, N., Sekarwinahyu, M., Sutarno, N., Widiasih, W., Rahayu, U., Budiastra, A. A., ... & Sukmaningadji, S. (2014). Materi dan pembelajaran IPA SD.
Terampil. (2010). Modul Pembelajaran IPA untuk kelas IV SD/MI. CV Pustaka Bengawan



Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi