Modul IPA tentang ekosistem
KATA PENGANTAR
Pada saat ini dunia pendidikan di
Indonesia makin berkembang semakin maju, hal ini dapat terbukti dengan
ditetapkannya kurikulum baru yaitu Kurikulum 2013. Kurikulum ini mendorong
siswa untuk beraktivitas tanpa batas, memberi kebebasan kepada siswa untuk
bertanya, mengeluarkan pendapat dan berdiskusi. Untuk mendukung Kurikulum 2013
, maka dibutuhkan banyak referensi sebagai bekal siswa untuk mengembangkan
kemampuannya semaksimal mungkin, khususnya untuk mata pelajaran IPA yang
menuntut suatu pemahaman yang luas.Kenyataan di lapangan untuk mendapatkan
referensi materi pelajaran IPA tidak mudah, hal ini bisa disebabkan oleh karena
keterbatasan buku-buku yang tersedia atau bahkan dikarenakan keterbatasan siswa
untuk mendapatkan buku-buku dari penerbit-penerbit nasional yang harganya bisa
saja tidak terjangkau. Berdasarkan kenyataaan di atas dengan berlandaskan niat
untuk membantu dan mendukung proses belajar mengajar, dengan mendapat restu
dari Kepala Sekolah maka dengan ini terlahirlah modul pembelajaran IPA yang
berisi rangkuman dari berbagai sumber referensi baik dari buku-buku paket,
buku-buku penerbit nasional dan dari bahan yang ditayangkan di internet.
Materi yang termuat dalam modul disesuaikan dengan Kurikulum
2013 yang dikeluarkan Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Modul ini
juga dilengkapi dengan bahan-bahan evaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan
kemampuan siswadalam memahami materi yang disajikan.Modul ini disusun untuk
dimanfaatkan dalam kalangan sendiri,semata-mata hanya untuk membantu Siswa
Kelas V Sekolah Dasar, mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan
nilai-nilai serta dapat meningkatkan kompetensinya, khususnya untuk mata
pelajaran IPA. Demikianlah semoga dengan tersusunnya modul ini dapat memberi
manfaat kepada siswa secara pribadi serta mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar, dan untuk lebih luasnya
dapat meningkatkanmutu pendidikan di negara kita ini.
Penyusun
Petunjuk Penggunaan Modul
1. Kalian
wajib mempelajari modul ini sesuai dengan kegiatan belajar yang sesuai dengan
petunjuk kerja.
2. Kalian
wajib membaca dengan cermat setiap pernyataan dan petunjuk yang terdapat dalam
modul.
3. Identifikasikanlah
wacana dan gambar untuk membuat rumusan masalah pada tahap pendahuluan.
4. Buatlah
rumusan masalah dan hipotesis sebagai tahapa awal pembentukan konsep.
5. Rancanglah
suatu percobaan yang sesuai dengan rumusan masalah dan hipotesis sebagai produk
pada tahap pembentukan konsep.
6. Lakukan
percobaan sesuai rancangan percobaan pada tahap aplikasi konsep.
7. Simpulkan
hasil pembelajaran sebagai pemantapan konsep.
8. Kerjakanlah
setiap tugas dalam modul dengan sistematis dan teliti.
9. Setelah
selesai kegiatan belajar, kalian wajib menjawab soal evaluasi sebagai tahap
penilaian.
10. Bekerjasamalah
dengan teman yang lain pada saat berkelompok.
11. Berusahalah
untuk selalu aktif berdiskusi dan bertanya dalam proses pembelajaran selama
menggunakan modul.
12. Pelajarilah
materi sampai tuntas sebelum beranjak ke bab berikutnya.
13. Setelah
selesai mempelajari semua bagia pada modul, modul dikumpulkan untuk diperiksa
oleh guru.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................................................. i
PETUNJUK
PENGGUNAAN MODUL.................................................................................. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................................... iii
GAMBARAN UMUM............................................................................................................... iv
KOMPETENSI
INTI............................................................................................................ viii
PEMETAAN
KD DAN INDIKATOR................................................................................... ix
APERSEPSI................................................................................................................................ 1
BAGIAN I.................................................................................................................................. 1
Ayo Membaca (Ekosistem).............................................................................................. 2
Perumusan Masalah............................................................................................................ 2
Membuat Hipotesis.......................................................................................................... 3
Percobaan............................................................................................................................ 4
Mengumpulkan
dan Menganalisis Data.......................................................................... 5.
Membuat Kesimpulan........................................................................................................ 5
BAGIAN II............................................................................................................................... 6
Ayo Membaca..................................................................................................................... 6
Perumusan Masalah............................................................................................................ 8
Membuat Hipotesis.......................................................................................................... 9
Percobaan............................................................................................................................ 9
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data.............................................................. 10.
Membuat Kesimpulan....................................................................................................... 11
BAGIAN III........................................................................................................................... 12
Ayo
Membaca.................................................................................................................... 12
Perumusan Masalah.......................................................................................................... 13
Membuat Hipotesis......................................................................................................... 15
Percobaan.......................................................................................................................... 15
Mengumpulkan
Data dan Menganalisis Data.............................................................. 16.
Membuat
Kesimpulan...................................................................................................... 17
BAGIAN IV............................................................................................................................. 18.
Perumusan Masalah.......................................................................................................... 18
Membuat Hipotesis......................................................................................................... 19
Ayo Membaca.................................................................................................................... 19
Percobaan.......................................................................................................................... 20
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data.............................................................. 21.
Membuat Kesimpulan...................................................................................................... 21
Latihan Soal............................................................................................................................. 22
Kunci Jawaban Soal Bab Ekosistem................................................................................... 27
Glosarium................................................................................................................................. 28
Daftar
Pustaka....................................................................................................................... 29
Gambaran Umum
|
Modul
Pembelajaran mengenai Ekosistem ini dibagi menjadi 3 sub kegiatan yaitu Murid
di ajak untuk memahami suatu paragraph, mengisi suatu percobaan, mengumpulkan
data dan menganalisis data serta membuat kesimpulan.
Memahami paragraph dimulai dengan mengajak siswa
untuk membaca beberapa paragraph yang memiliki beberapa pokok penting
|
Kemudian siswa menemukan beberapa pokok penting
dalam paragraph yang di wujudkan dalam bentuk pertanyaan.
|
Dalam percobaan siswa di ajak untuk aktif
melakukan instruksi yang akan diberikan pada setiap bagian berdasarkan pada
yang telah ia baca.
|
Tahap berikutnya siswa diajak untuk membentuk
hipotesis dari pokok pokok pertanyaan yang berhasil ia wujudkan.
|
Dalam hal ini murid memaparkan dan mengisi
beberapa jenis pertayaan yang telah disediakan
|
Setelah melakukan beberapa kegiatan, murid diajak
untuk membuat kesimpulan, apa saja yang telah ia lakukan dalam bagian
tersebut
|
Kompetensi
Inti
|
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
PemetaanKD dan Indikator
|
3.5
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan
di lingkungan sekitar
|
Indikator :
|
Kompetensi Dasar :
|
1. Menjelaskan
tentang ekosistem
2. Menjelaskan
tentang daur hidup
3. Menjelaskan
tentang rantai makanan
4. Membuat rantai
makanan dengan keterangannya
|
Bagian hidup dan
tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung
satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup
pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu,
populasi, dan komunitas.
|
APERSEPSI
|
Bagian 1
|
Ayo Membaca
|
Ayo Membaca (Ekosistem)
Ekosistem
Semua
makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya.
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas
tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak
hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.
Cahaya
matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang
sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu
tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari
sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam
tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di
atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
Bagian hidup dan tak hidup di sebuah
lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi
antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut
ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
Individu adalah makhluk hidup tunggal,
misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat
individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis
yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat
populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu
komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh
komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
(Sumber :
Scott Foresman. Science. 2010)
|
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Perumusan Masalah
|
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Membuat Hipotesis
|
Setelah menuliskan rumusan masalah, tuliskan hipotesismu pada
kolom berikut ini !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Ayo Mengamati
|
LINGKUNGAN BIOTIK DAN ABIOTIK
|
Percobaan
|
Amatilah
lingkungan sekitarmu.
Lalu, bekerjasamalah dengan
teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut!
Bawalah peralatan seperti :
1.
Buku Tulis
2.
Alat Tulis
Langkah-langkah kegiatan:
1.
Pergilah ke tempat terbuka, misalnya taman sekolah !
2.
Amatilah sekitarmu, tulislah benda-benda di sekitarmu dan kelompokkan
termasuk benda apakah itu termasuk abiotik atau biotik. Kemudian buatlah kolom seperti dibawah ini!
Nama Benda
|
Biotik
|
Abiotik
|
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
|
Setelah melakukan
percobaan diatas, kelompokkanlah hasil pengamatanmu dengan cara memberi tanda
centang(√) !
|
Nama Benda
|
Biotik
|
Abiotik
|
Membuat Kesimpulan
|
Membuat Kesimpulan
Setelah
melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
Kesimpulan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Bagian 2
|
Ayo Membaca !
|
Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau,
kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar mendapatkan cukup sinar matahari.
Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini adalah ganggang. Ekosistem
air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam. Berbagai
jenis ikan, kerang, koral, dan makhluk laut lainnya hidup pada ekosistem ini.
Terdapat juga beberapa jenis hewan kecil dan tumbuhan alga yang dapat membuat
sendiri makanannya.
|
Ekosistem darat contohnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang
rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkat
curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut menyebabkan jenis tumbuhan dan
hewan yang ada di dalamnya juga berbeda. Tumbuhan seperti rotan dan anggrek,
serta hewan seperti kera, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem sabana
memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis.
Hewan-hewan yang hidup di sabana antara lain berbagai jenis serangga dan mamalia seperti zebra dan singa.
|
Ekosistem Padang Rumput
|
Ekosistem Gurun
|
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan
yang lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem
adalah rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini, contohnya bison, singa,
anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular. Gurun merupakan ekosistem
yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan jenis
kaktus yang memiliki duri untuk mengurangi penguapan banyak tumbuh di sini.
Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, dan kalajengking.
Perumusan Masalah
|
Perumusan Masalah
Setelah kamu membaca
teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan.
Catat juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Tuliskan
pertanyaanmu di tempat yang tersedia di bawah ini. Ingatlah untuk selalu
menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar.
Setelah membaca bacaan diatas, adakah hal lain yang ingin
kamu ketahui ? tulislah pertanyaanmu pada kolom dibawah ini.
Pertanyaan
1. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
2. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
3. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
4. .......................................................................................................................................................................................................................................................................
5. .......................................................................................................................................................................................................................................................................
6. ........................................................................................................................................................................................................................................................................
7. ........................................................................................................................................................................................................................................................................
8. ........................................................................................................................................................................................................................................................................
9.
|
Membuat Hipotesis
|
Membuat Hipotesis
Setelah membuat pertanyaan
tulislah jawabanmu pada kolom dibawah ini !
1. ......................................................................................................................................................................................................................................................
2. ......................................................................................................................................................................................................................................................
3. ......................................................................................................................................................................................................................................................
4. ......................................................................................................................................................................................................................................................
5. ......................................................................................................................................................................................................................................................
6. ......................................................................................................................................................................................................................................................
|
Ayo Mengamati
|
Percobaan
|
Lakukanlah kegiatan berikut ini
bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat atau lima orang. Pergilah
ke suatu tempat yang terdapat ekosistem didalamnya. Bersama temanmu amatilah
tempat yang kamu datangi kemudian tulislah nama ekosistem dan makhluk hidup apa
saja yang ada didalamnya.
Jangan
lupa membawa alat tulismu dan pergilah ketempat yang dimana kamu dapat
menemukan sebuah ekosistem.
Lalu,
buatlah tabel seperti contoh berikut.
Nama Ekosistem
|
Jenis Makhluk Hidup
|
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
|
Setelah melakukan
percobaan diatas, masukkan hasil diskusimu kedalam tabel berikut ini !
|
Nama Ekosistem
|
Jenis Makhluk Hidup
|
Membuat Kesimpulan
|
Membuat Kesimpulan
Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu
pada kolom dibawah ini !
Kesimpulan : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................……………........................................................................................................
|
Ayo Membaca !
|
Bagian 3
|
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Pernahkah kamu melihat ketiga
hewan tersebut? Di manakah kamu melihatnya? Bagaimana perasaanmu ketika melihat
ketiga hewan tersebut?
Perhatikanlah bahwa ketiga hewan
merupakan hewan muda yang baru saja dilahirkan dan menetas. Setiap hewan
memiliki cara tersendiri dalam proses perkembangbiakannya. Hewan-hewan tersebut
mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda satu sama lain.
Proses ini dinamakan proses daur hidup atau siklus hidup.
Perumusan Masalah
|
Daur Hidup Hewan
Hewan sebagai salah
satu komponen ekosistem memerlukan lingkungan yang baik untuk berkembang biak.
Perubahan ekosistem dapat memengaruhi perkembangbiakan. Setiap hewan mengalami
tahapan perkembangan tersendiri dan khas. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan
suatu hewan disebut daur hidup. Di dalam daur hidupnya, ada hewan yang
mengalami perubahan bentuk, ada yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan
bentuk pada tahap tumbuh kembangnya disebut mengalami metamorfosis. Hewan apa
sajakah yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis?
Berdasarkan perubahan bentuknya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis
sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjadi
ketika hewan mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahap
perkembangannya.
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada
|
||
hewan yang mengalami perubahan bentuk
|
||
yang
tidak terlalu berbeda
pada setiap
|
||
perkembangannya. Hewan kelompok ini tidak
|
||
mengalami
fase larva dan
pupa. Contoh
|
||
hewan yang mengalami metamorfosis tidak
|
||
sempurna adalah kecoa. Kecoa berkembang
|
||
biak dengan bertelur. Telur kecoa menetas
|
||
berubah menjadi kecoa muda yang disebut
|
||
nimfa.
Nimfa mengalami beberapa
kali
|
||
|
pergantian
kulit sebelum menjadi
kecoa
|
|
Daur
Hidup Kecoa
|
dewasa. Pergantian kulit ini disebut ekdisis.
|
|
Sumber
: Buku Kelas 5 Tema 5 Ekosistem
|
Selain serangga dan katak, hewan
lain mengalami daur hidup tanpa metamorfosis atau tanpa mengalami perubahan
bentuk. Contoh jenis hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah ikan dan
kadal. Ikan hidup di air dan berkembang biak dengan bertelur. Telur ikan
menetas, lalu menjadi ikan muda, kemudian menjadi ikan dewasa. Bentuk ikan muda
dan ikan dewasa tidak banyak mengalami perubahan. Demikian juga dengan kadal.
Setelah bertelur, telur kadal akan menetas dan muncullah kadal muda. Seiring
dengan waktu, kadal muda tumbuh dan berkembang menjadi kadal dewasa yang siap
bertelur kembali setelah melakukan perkawinan dengan kadal dewasa lain.
Sumber: BSE
IPA Kelas 4, 2010
Setelah membaca bacaan diatas, adakah hal lain yang ingin
kamu ketahui ? tulislah pertanyaanmu pada kolom dibawah ini.
Pertanyaan
1. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
2. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
3. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
4. ...................................................................................................................................................................................................................................................................
5. ....................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Membuat Hipotesis
|
Setelah membuat pertanyaan
tulislah jawabanmu pada kolom dibawah ini !
1. ........................................................................................................................................................................................................................................................
2. ........................................................................................................................................................................................................................................................
3. ........................................................................................................................................................................................................................................................
4. ........................................................................................................................................................................................................................................................
5. ........................................................................................................................................................................................................................................................
|
Percobaan
|
Ayo Mencoba
|
Amatilah
lingkungan sekitarmu.
Bawalah serta alat
tulismu
Lalu, bekerjasamalah dengan
teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut!
Langkah-langkah kegiatan:
1.
Amatilah binatang di sekitarmu!
2.
Amatilah tahap perubahanya, tulislah setiap tahap perubahan hewan yang
kamu amati . Kemudian buatlah kolom
seperti dibawah ini!
Nama
Hewan
|
Metamorfosis
Sempurna
|
Metamorfosis Tidak Sempurna
|
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
|
Setelah melakukan
percobaan diatas, masukkan hasil diskusimu kedalam tabel berikut ini !
|
Nama
Hewan
|
Metamorfosis
Sempurna
|
Metamorfosis Tidak Sempurna
|
Membuat Kesimpulan
|
Setelah melakukan
kegiatan diatas, tuliskan kesimpulanmu pada kolom dibawah ini !
PERUMUSAN
MASALAH
|
Kesimpulan : ..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Bagian 4
|
Padi
dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung
elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan
oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus.Konsumen
I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton),konsumen II adalah ikan-ikan
kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang,dan konsumen IV adalah ikan-ikan
besar. Bagaimana jika urutan peristiwa memakan dan dimakan diatas tidak dapat
berjalan dengan seimbang ? Dan bagaimana jika salah satu komponen tersebut
tidak ada ? Tulislah
jawabanmu dikolom dibawah ini !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
MEMBUAT
HIPOTESIS
|
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan
dimakan dengan urutan
tertentu antarmakhluk hidup.
Perhatikan gambar berikut
AYO
MEMBACA !
|
Bersama teman sebangkumu, tentukan sebuah rantai
makanan yang ada di sebuah ekosistem. Tentukan dahulu ekosistem yang akan
dipilih (baik dalam ekosistem laut maupun ekosisem darat !
|
RANTAI MAKANAN
Padi
dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh
burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk
diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk
humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah
seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di
lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan
tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air.
Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton),konsumen II
adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang,dan konsumen
IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan
peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dankonsumen
kedua, dan seterusnya lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah
satu komponen tidakada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan
dimakan tersebut.Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen
harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu konsumen kesatu lebih
banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.Ada satu lagi komponen
yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitupengurai. Pengurai adalah
makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zatyang semula terdapat dalam
tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.Hasil kerja pengurai dapat
membantu proses penyuburan tanah. Contohpengurai adalah bakteri dan jamur.
|
Menurut saya,
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Ayo Mencoba
|
PERCOBAAN
|
Mengamati
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
|
Sekarang
bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang
terdiri atas
satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai.
Jangan lupa
untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.
|
Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
Membuat Kesimpulan
|
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Setelah melakukan
percobaan diatas, tulis dan gambar dengan sederhana pada kolom berikut ini !
|
Kesimpulan :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
LATIHAN
SOAL!
|
1. Yang dimaksud dengan lingkungan
biotik adalah lingkungan…
a. yang terdiri atas udara, air, dan tanah
b. yang disusun produsen, konsumen, dan pengurai
c. fisik sebagai habitat fauna dan flora
d. yang menunjang manusia dan aktivitasnya
a. yang terdiri atas udara, air, dan tanah
b. yang disusun produsen, konsumen, dan pengurai
c. fisik sebagai habitat fauna dan flora
d. yang menunjang manusia dan aktivitasnya
2.
Dalam
suatu ekosistem perairan Rhodophyceae berperan sebagai….
a. Penguarai
b. Penyedia karbondioksida
c. Konsumen primer
d. Produsen
a. Penguarai
b. Penyedia karbondioksida
c. Konsumen primer
d. Produsen
3. Pada ekosistem laut daerah yang
komponen tingkat produsennya paling banyak yaitu daerah….
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batisal
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batisal
4. Jika suatu ekosistem air tawar
tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat
pada….
a. zooplankton
b. fitoplankton
c. ikan kecil
d. ikan besar
a. zooplankton
b. fitoplankton
c. ikan kecil
d. ikan besar
5.
Jika
kadar karbon dioksida dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang
pertama kali menerima dampak negatifnya yaitu…
a. produsen
b. pengurai
c. karnivora
d. konsumen
a. produsen
b. pengurai
c. karnivora
d. konsumen
6.
Pada
daerah pasang surut, organisme berikut ini yang termasuk bentos adalah…
a. hydrila, obelia, spongia
b. kepiting, udang, ikan
c. ikan keong, kerang
d. kepiting, keong, kerang
a. hydrila, obelia, spongia
b. kepiting, udang, ikan
c. ikan keong, kerang
d. kepiting, keong, kerang
7.
Adaptasi
tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun tetapi
memacu pertumbuhan akar, terdapat pada habitat…..
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
d. padang rumput
8.
Berdasarkan
kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewan yang aktif berenang tanpa
terpengaruh oleh arus air dinamakan…
a. perifiton
b. nekton
c. neuston
d. plankton
a. perifiton
b. nekton
c. neuston
d. plankton
9.
Kelompok
tumbuhan sejenis yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi
merupakan suatu….
a. gulma air
b. ekosistem
c. populasi
d. komunitas
a. gulma air
b. ekosistem
c. populasi
d. komunitas
10.
Suatu
hutan di daerah tropis banyak ditumbuhi oleh pohon Sonneratia alba dengan daun
yang rimbun. Ekosistem yang dimaksud adalah hutan…
a. musim
b. hujan tropis
c. pantai
d. bakau
a. musim
b. hujan tropis
c. pantai
d. bakau
11.
Dalam
suatu ekosistem perairan Rhodophyceae berperan sebagai…
a. Pengurai
b. Penyedia oksigen
c. Konsumen primer
d. Produsen
e. Konsumen sekunder
a. Pengurai
b. Penyedia oksigen
c. Konsumen primer
d. Produsen
e. Konsumen sekunder
12.
Bila
karbon dioksida dalam ekosistem jumlahnya makin kurang, maka organisme yang pertama-tama
akan mengalami dampak negative adalah:
a. karnivora puncak
b. pengurai
c. herbivora
d. produsen
a. karnivora puncak
b. pengurai
c. herbivora
d. produsen
13. Kalau terjadi pencemaran
insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar bahan itu yang
paling tinggi akan didapatkan dalam….
a. tubuh hewan-hewan herbivora
b. tubuh serangga air
c. tumbuhan air
d. tubuh hewan-hewan karnivora
a. tubuh hewan-hewan herbivora
b. tubuh serangga air
c. tumbuhan air
d. tubuh hewan-hewan karnivora
14. Makhluk hidup dan factor
abiotik pada suhu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut:
a. bioma
b. ekosistem
c. komunitas
d. populasi
a. bioma
b. ekosistem
c. komunitas
d. populasi
15.
Kelompok
tumbuhan padi yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi
merupakan suatu...
a. Populasi
b. Ekosistem
c. Individu
d. Komunitas
a. Populasi
b. Ekosistem
c. Individu
d. Komunitas
16.
Wilayah
Indonesia berada diantara dua daerah biogeografi, yaitu…
a. Oriental dan Neartik
b. Australia dan Neotropik
c. Neotropik dan Ethiopia
d. Oriental dan Australia
a. Oriental dan Neartik
b. Australia dan Neotropik
c. Neotropik dan Ethiopia
d. Oriental dan Australia
17.
Hewan-hewan
yang bersifat nocturnal banyak hidup pada…
a. kanopi hutan tropis
b. taiga
c. hutan gugur
d. padang rumput
a. kanopi hutan tropis
b. taiga
c. hutan gugur
d. padang rumput
18.
Secara
teoritis, suatu pulau akan memiliki kekayaan jenis paling besar bila pulau
tersebut…
a. kecil dan terpencil dengan vegetasi lebat
b. kecil dan terpencil
c. besar dan dekat daratan utama
d. besar dan terpencil
a. kecil dan terpencil dengan vegetasi lebat
b. kecil dan terpencil
c. besar dan dekat daratan utama
d. besar dan terpencil
19.
Adaptasi
tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun tetapi
memacu pertumbuhan akar, terdapat pada habitat:
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
d. padang rumput
a. gurun
b. hutan basah
c. hutan gugur
d. padang rumput
20.Hal berikut dapat ditemukan
pada hutan hujan tropis, kecuali….
a. interaksi antarpopulasi
b. heterogenitas habitat
c. keanekaragaman iklim
d. ketersediaan energi tinggi
a. interaksi antarpopulasi
b. heterogenitas habitat
c. keanekaragaman iklim
d. ketersediaan energi tinggi
21.
Pada
ekosistem laut, daerah dengan komponen biotic tingkat produsen paling banyak
adalah daerah…
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batial
a. termoklin
b. abisal
c. fotik
d. batial
22.Dinamika penduduk suatu negara
dipengaruhi oleh factor-faktor berikut, kecuali
a. transmigrasi
b. imigrasi
c. mortalitas
d. emigrasi
a. transmigrasi
b. imigrasi
c. mortalitas
d. emigrasi
23.Seorang tokoh ekologi pada
gambar yang menggambarkan relung ekologi sebagai kedudukan fungsional suatu
organisme dalam komunitasnya adalah …
a. Charles Elton
b. Ernzt Haeckel
c. Charles Darwin
d. Louis Pasteur
a. Charles Elton
b. Ernzt Haeckel
c. Charles Darwin
d. Louis Pasteur
24.Pertumbuhan populasi baik populasi manusia maupun hewan hewan
besar , Penentu utama dalam pertumbuhan populasi itu adalah …
a. natalitas dan mortalitas
b. potensi biotik dan mortalitas
c. densitas dan natalitas
d. natalitas sebaran dan umum
a. natalitas dan mortalitas
b. potensi biotik dan mortalitas
c. densitas dan natalitas
d. natalitas sebaran dan umum
25.Hubungan yang terjadi pada hewan beruang yang memangsa ikan
salmon pada gambar sebagai makanannya disebut hubungan ...
a. Parasitisme
b. Memangsa
c. Komensalisme
d. Predasi
a. Parasitisme
b. Memangsa
c. Komensalisme
d. Predasi
26.Diantara makhluk hidup berikut
ini yang termasuk komponen Detritivor adalah ...
a. jamur dan bakteri
b. tumbuhan hijau
c. manusia
d. luing dan cacing tanah
a. jamur dan bakteri
b. tumbuhan hijau
c. manusia
d. luing dan cacing tanah
27.Dalam suatu komunitas terdapat
rumput teki dan rumput gajah. Jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput
gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Disebut apakah
interaksi tersebut...
a. Intreaksi antar organisme
b. Anabiosa
c. Interaksi antar komunitas
d. Alelopati
a. Intreaksi antar organisme
b. Anabiosa
c. Interaksi antar komunitas
d. Alelopati
28.Ketika katak disimpan pada suhu
30 derajat celsius dan dihitung,didapatkan jumlah denyut jantungnya yaitu 41
kali/menit. Jika katak tadi disimpan pada suhu 20 derajat celsius, maka jumlah
denyut jantung katak akan...
a. Bertambah, karena perubahan suhu merupakan rangsangan bagi katak.
b. Tetap, karena katak merupakan hewan berdarah dingin.
c. Berkurang, karena darahnya menjadi lebih pekat pada suhu rendah.
d. Berkurang, karena kecepatan metabolismenya menurun.
a. Bertambah, karena perubahan suhu merupakan rangsangan bagi katak.
b. Tetap, karena katak merupakan hewan berdarah dingin.
c. Berkurang, karena darahnya menjadi lebih pekat pada suhu rendah.
d. Berkurang, karena kecepatan metabolismenya menurun.
29.Pasangan organisme dan taraf
trofik berikut yang TIDAK tepat adalah...
a. fungi dan dekomposer
b. fitoplankton dan produsen
c. belalang dan konsumen primer
d. elang dan konsumen tersier
a. fungi dan dekomposer
b. fitoplankton dan produsen
c. belalang dan konsumen primer
d. elang dan konsumen tersier
30.Berikut ini yaitu beberapa bakteri yang tidak mampu mengikat
nitrogen baik secara langsung ataupun tidak yaitu...
a. Xanthomonas
b. Marsillea crenata
c. Azotobacter sp.
d. Anabaena sp.
a. Xanthomonas
b. Marsillea crenata
c. Azotobacter sp.
d. Anabaena sp.
Kunci Jawaban Soal Bab Ekosistem
1. C 11. D 21. C
2. D 12. D 22. A
3. C 13. D 23. A
4. D 14. B 24. A
5. A 15. A 25. D
6. D 16. D 26. D
7. A 17. A 27. D
8. B 18. C 28. C
9. C 19. A 29. A
10. D 20. C 30. A
2. D 12. D 22. A
3. C 13. D 23. A
4. D 14. B 24. A
5. A 15. A 25. D
6. D 16. D 26. D
7. A 17. A 27. D
8. B 18. C 28. C
9. C 19. A 29. A
10. D 20. C 30. A
GLOSARIUM
Abiotik : komponen penyusun ekosistem yang terdiri
dari benda
benda
tak hidup.
Bencana alam : suatu peristiwa yang mengakibatkan dampak besar bagi
populasi
manusia.
Biotik : komponen lingkungan yang hidup dari ekosistem.
Daur hidup : tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan.
Ekdisis : pergantian kulit atau peristiwa rontoknya
kutikula pada
artropoda.
Ekosistem : interaksi antara makhluk hidup
dan benda-benda tak
hidup
pada sebuah lingkungan .
Fitoplankton : sekelompok dari biota tumbuh-tumbuhan autotrof, mempunyai
klorofil dan pigmen lainnya di dalam selnya dan mampu untuk menyerap energy
radiasi dan CO2 untuk melakukan fotosintesis.
Gurun : merupakan ekosistem
yang paling gersang karena curah
hujan
yang sangat rendah.
Humus : tanah yang sangat subur terbentuk dari
lapukan daun
dan
batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat.
Individu : makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing,
seekor
burung, dan sebuah pohon cemara.
Jaring-jaring makanan : kumpulan dari beberapa rantai makanan di dalam
sebuah ekosistem.
Konsumen : makhluk hidup yang berperan sebagai pemakan
bahan
organic
atau energy yang
dihasilkanolehprodusen.
Komunitas : populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu.
Contohnya adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.
Larva : bentuk hewan muda yang perkembangannya
melalui
metamorfosis.
Lingkungan : segala
sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
Metamorfosis : hewan yang mengalami perubahan
bentuk pada tahap
tumbuh
kembangnya.
Nimfa : hewan muda yang
mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran kecil dengan perbandingan tubuh yang
berbeda.
Pengurai : makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam
tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.
Populasi : kumpulan individu
sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat
populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut.
Pupa : masa istirahat sebagai persiapan
menjadi kupu-kupu dewasa.
Produsen :
makhlukhidup yang dapat menghasilkan bahan organik.
Zooplankton : heterotrofik plankton (organisme yang
Ada
dilautan dan permukaan air tawar).
DAFTAR
PUSTAKA
Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Kelas V Tema 5 Ekosistem
Rustaman, N.,
Sekarwinahyu, M., Sutarno, N., Widiasih, W., Rahayu, U., Budiastra, A. A., ...
& Sukmaningadji, S. (2014). Materi dan pembelajaran IPA SD.
Terampil.
(2010). Modul Pembelajaran IPA untuk kelas IV SD/MI. CV Pustaka
Bengawan
Comments
Post a Comment