Filsafat Pancasila
Filsafat pancasila
Pancasila
berasal dari bahasa sansekerta India (kata brahmana). Sedangkan menurut
Muh.Yamin, dalam bahasa sansekerta. Secara etimologis kata “Pancasila” yang
dimaksudka adalah istilah “Pancasyila” dengan vokal i pendek yang memiliki makna
leksial “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima
unsur”. Perkataan pancasila mula – mula terdapt dalam perpustakaan budah india.
Ajaran budha bersumber pad akitab suci Tri pitaka dan vinaya pitaka, ang
kesemuanya itu merupakan ajaran moral untuk mencapai surga. Ajaran pancasila
menurut budha adalah merupakan lima aturan (larangan) atau five moral
principles, yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh para penganutnya. Adapun
isi lima lengkap larangan adalah :
-
Panipati veramani sikhaoadam samadiyani, artinya jangan
mencabut nyawa makhluk hidup atau dilarang membunuh
-
Dinna dana veramani shikapadam samadiyani, artinya janganlah
mengambil barang yang tidak diberikan maksudnya dilarang mencuri
-
Kameshu micchacara veramani shikapadam samadiyani artinya
jangan berbuat zina
-
Musawada veramani shikapadam samadiyani artinya janganlah
berkata bohong atau dilarang berdusta
-
Sura meraya masjja pamada tikana veramani artinya janganlah
minum – minuman yang memabukkan
Nilai – nilai
pancasila secara intrinsik bersifat filosofis, dan di dalam kehidupa masyarakat
indonesia nilai pancasila secara praktis merupakan filsafat hidup (pandangan
hidup) nilai dan fungsi filsafat pancasila telah ada jauh sebelum indonesia
merdeka. Hal ini dibuktikan dengan sejarah majapahit (1293). Pada waktu itu
agama hindu dan budha hidup berdampingan dengan damai dalam satu kerajaan. Empu
prapanca menulis “negara kertagama” dalam kitab tersebut terdapat istilah pancasila. Empu tantular yang mengarang buku
“sutasoma” yang di dalamnya memuat seloka yang berbunyi : bhineka tunggal ika
tan hana dharma mangrua yang artinya walaupun berbeda namun tetap satu jua
adanya, sebab tidak ada agama yang memiliki tuhan yang berbeda. Hal ini
menunjukkan adanya realitas kehidupan agama pada saat itu, yaitu agama hindu
dan budha. Bahkan salah satu kerajaan yang menjadi kekuasaanya yaitu pasai
justru telah memeluk agama islam. sumpah palapa yang diucapkan mahapatih gadjah
mada dalam sidang ratu dan para menteri di paseban keprabuan majapahit pada tahun
1331, yang berisi cita – ita memperstukan seluruh nusantara raya berikut : saya
baru akan berhenti berpuasa makan palapa, jikalau seluruh nusantara berakhlak
di bawah kekuasaan negara, jikalau gurun, seram, tanjungpura, haru, pahang,
dempo, bali, sunda, palembang, tumasik telah dikalahkan.
Dalm kehidupan
bangs aindonesia diakui bahwa nilai pancasila adalah pandangan hidup (filsafat
hidup) yang berkembang dalam sosio-budaya indonesia. Nilai pancasila dianggap
sebgai nilai dasar dan puncak ( sari – sari) budaya bangsa, karenanya nilai ini
diyakini sebgai jiwa dan kepribadian bangsa. Sebagai ajaran filsafat, pancasila
mencerminkan nilai dan pandangan mendasar dan hakiki rakyat indonesia dalam
hubungannya dengan sumber kesemestaan, yakni tuhan yang maha esa. Sebagai asas
fundamental kenegaraan yaitu negara berdasar atas ketuhanan yang maha esa.
Demikian pula asas dan kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia.
Di mana nilai nilai tersebut secara bulat dan utuh mencerminkan asas
kekeluargaan, cinta sesama dan cinta keadilan.
pancasila
sebagai dasar negara
pancasila tidka
hanya merupakan ideologi bangsa tetapi juga merupakan dasar negara, yaitu
sumber kaidah hukum konstitusional yang mengatur negara republik indonesia
beserta seluruh unsur – unsurnya, yaitu rakyat, wilayah, dan pemerintah.
Pancasila sebagai dasar negara juga dapat disebut sebagai ideologi negara.
Sebagai dasar negar, pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum.
Seluruh tatanan hidup bernegara yang bertentangan dengan pncasila sebagai
kaidah hukum konstitusional, pada dasarnya tidak berlaku dan harus dicabut.
Sebagai dasar negara, pancasila telah terkait dengan struktur kekuasaan secara
formal. Sebagai dasar negara, pancasila meliputi suasana kebatinan atau cita –
cita hukum yang menguasai hukum dasar negara, baik berupa hukum dasar tertulis
yang berwujud undang – undnag dasar maupun berupa hukum dasar tidak tertulis
yang tumbuh dalam praktik penyelenggaraan negara. Suasana kebatinan atau cita –
cita hukum ini dirangkum dalam empat pokok pikiran yang terdapat dalam
penjelasan undang – undang dasar 1945, yaitu berikut ini.
Pertama, negara
melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah dasar indonesia, dengan
berdasar persatuan, dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat
indonesia. Negara persatuan aalah negara yang melindungu dan meliputi seluruh
bangsa, mengatasi segala paham golongan, engatasi segala paha perseorangan.
Kedua negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
Ketiga, negara didasarkan pada kedaulatan rakyat, yang diselenggarakkan melalui
permusyawaratan perwakilan. Keempat, negara berdasar atas ketuhanan yang maha
esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Oleh karena itu undang –
undang dasar harus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah serta lain – lain
penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan
memegang teguh cita – cita moral rakyat yang luhur. Dengan kata lain, dasar dri
semua dila pancasila adalah gotog royong. Maknanya adalah : prinsip kemanusiaan
yang harus berjiwa gotong royong (ketuhanan yang berkebudayaan, yang lapang dan
toleran) bukan ketuhanan yang saling menyerang dan mengucilkan. Prinsip
internasionalisme harus berjiwa gotong royonng (yang berprikemanusiaan dan berprekeadilan)
bukan internasinalisme yang menjajah dan eksploitatif. Prinsip kebangsaanya
harus berjiwa gotong royong (mampu mengembangkan persatuan dari aneka perbedaan
“bhineka tunggal ika” bukan kebangsaan yang meniadakan perbedan atau menolak
persatuan. Prinsip demokrasinya harus berjiwa gotong royong (mengembangkan
musyawarah mufakat) bukan demokratis yang didekte oleh suara mayoritas atau
minoritas elit penguasa – pemodal. Prinsip kesejahteraam harus berjiwa gotong
royong (mengembangkan pasrtisipasi dna emansipasi di bidang ekonomi dengan
semangat kekeluargaan, bukan visi kesejahteran yang berbasis individualisme –
kapitalisme bukan pula yang mengekang kebeasan indivindu seperti dalam system
etatisme.
Dengan semangat
dasar kelima sila tersebut negara/ bangsa indonesia memiliki pandnagan dunia
yang begitu dan budaya tahan tinggi. Prinsip prinsip ini mampu mengantisipasi
dan mengkonsiliasikan atara paham kenegaraan radikalisme, sekularis dan
radikalisme keagamaan, antara paham kebangsaan homogenis dengan tribalosme
atavitis, antara kebangsaan yang chauvisme dengan globalisme triuphalism,
antara pemerintah autkrotik dengan demokrasi pasar indivisualistik, antara ekonomi etatisme dengan kapitalisme prodetoris
pancasila sebagai ideologi terbuka yaitu nilai yang terkandung dalam ideologi terbuka yang terdiri dari 2 jenis nilai, yaitu nilai dasar tentang cita - cita, tujuan, serta lembaga serta tugas dan wewenangnya, yang bersifat tetap sepanjang zaman dan nilai - nilai yang instrumental, yang merupakan arahan, kebijakan, strategi, sasaran serta lembaga pelaksananya yang dapat disesuaikan dengan kehendak zaman.pancasila merupakan ideologi terbuka karena dalam mengembangkan pemikiran baru yang segar dan kreatif untuk mengamalkan pancasila dalam menjawab perubahan dan tantangan zaman yang terus bergerak inamis, nilai - nilai pancasila tidak boleh berubah, sedang pelaksanaanya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam tiap kurun waktu. pengertin ideologi terbuka adalah ideologi yang dpat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal. sumber semngat ideologi terbuka terdapat di dalam penjelasan umum undang - undang dasar 1945. Yang sangat penting dalam pemerintah dan dalam hidupya negara ialah semangat, semangat penyelenggaraan negara, semangat para pemimpin pemerintah.
pancasila sebagai ideologi terbuka yaitu nilai yang terkandung dalam ideologi terbuka yang terdiri dari 2 jenis nilai, yaitu nilai dasar tentang cita - cita, tujuan, serta lembaga serta tugas dan wewenangnya, yang bersifat tetap sepanjang zaman dan nilai - nilai yang instrumental, yang merupakan arahan, kebijakan, strategi, sasaran serta lembaga pelaksananya yang dapat disesuaikan dengan kehendak zaman.pancasila merupakan ideologi terbuka karena dalam mengembangkan pemikiran baru yang segar dan kreatif untuk mengamalkan pancasila dalam menjawab perubahan dan tantangan zaman yang terus bergerak inamis, nilai - nilai pancasila tidak boleh berubah, sedang pelaksanaanya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam tiap kurun waktu. pengertin ideologi terbuka adalah ideologi yang dpat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal. sumber semngat ideologi terbuka terdapat di dalam penjelasan umum undang - undang dasar 1945. Yang sangat penting dalam pemerintah dan dalam hidupya negara ialah semangat, semangat penyelenggaraan negara, semangat para pemimpin pemerintah.
Comments
Post a Comment