asesmen kurikulum
Nama Kelompok :
1. M.Abdul Aziz Hidayatulloh
2. Rinda Pranita
LK 2. Menelaah Perencanaan
Pembelajaran yang Disusun Guru
|
No |
Aspek yang ditelaah |
Deskripsi hasil pengamatan |
Simpulan |
|
1. |
Silabus a.
Informasi penting apa yang Anda peroleh dalam setiap kolom pada
silabus? b.
Uraikan fungsi dari setiap kolom yang ada! |
a.
Silabus merupakan
seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian
yang disusun secara sistematis yang memuat komponen - komponen yang saling
berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar. Da juga diartikan
sebagai penajbaran kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok, kegiaatan pemebelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian.
Identitas
Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan kelas. Kompetensi
Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi
dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh
peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi
Dasar (KD), merupakan kemampuan spesifik yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. Indikator
pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur atau
diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi
acuan penilaian mata pelajaran. Materi
Pokok, adalah memuat fakta, konsep, prinsip, dan
prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan
rumusan indicator pencapaian kompetensi. Pembelajaran,
adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai
kompetensi yang diharapkan. Penilaian, merupakan
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil
belajar peserta didik. Alokasi
Waktu, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam
struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun. Sumber
belajar, dapat berupa buku, media cetak dan
elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan. |
Silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru. Silabus ini juga wajib digunakan sebagai sarana untuk memudahkan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi, secara otomatis setiap guru ini kemudian akan menjadikan silabus ini sebagai pedoman penyusunan rencana kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran. RPP merupakan Rencana pelaksanaan pembelajaran. Dimana RPP merupakan runtutan untuk guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Didalam RPP sebaiknya dibentuk denganruntutan yang rinci. Hal pertama adanya apresiasi, pendekatan, indicator yang berlandaskan kognitif dan psikomotirik yang sesuai, tujuan pembelajaran yang benar (ABCD), ringkasan materi yang disampaikan, adanya LPKD dan Evaluasi, serta rubrik penilaian tertulis dalam rangkaian pembelajaran tersusun, dengan TPACK. Bahan ajar dalam RPP harus mengandung materi yang sesuai dengan pembelajaran saat itu. Materi yang runtut biasanya mengandung PBL/PJBL. Teori didalam pembelajaran menganut masalah yang ada di dalam tema/pelajaran. Media pembelajaran mengandung kegunaan untuk opening, penguat, dan materi inti. Sehingga penggunaan media dalam RPP bisa menunjang kegiatan pembelajaran. Lembar LKPD merupakan hasil pengingat materi di akhir kegiatan pembelajaran, untuk pematangan mteri yang telah di sampaikan olehguru. LKPD lembar kerja yang dikerjakan/disampai kan didalam kelas. Berbeda dengan evaluasi, kalau evaluasi biasanya terlampirkan pada akhir pembelajaran. Alat Evaluasi biasnya berada di akhir kegiatan/pembelajar an. Contoh didalam evaluasi biasaya terdiri dari indicator yang digunakan, kisi-kisi, contoh soal evaluasi (HOTS), lalu disertai kunci jawaban. |
|
2. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) a.
Unsur apa saja yang ada dalam RPP? b.
Apakah semua unsur yang ada pada RPP yang sudah dipelajari itu
penting? c.
Unsur apa saja yang esensial harus ada? Mengapa? d.
Uraikan isi dari setiap unsur tersebut! |
a.
Unsur
yang ada yaitu identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, alokasi waktu, metode/media pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, penilaian, sumber belajar. b.
Semua
unsur dalam RPP sangat penting dan saling berkaitan sehingga ketika menyusun
RPP maka harus dilakukkan oleh semua guru karena dalam pernagkat/RPP tersebut
memuat tujuan pembelajaran dimana bahasan yang ada di dalam pembelajaran akan
memiliki tujuan yang berbeda. c.
komponen
penting dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, langkah¬ langkah pembelajaran
(kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Ketiga unsur tersebut harus
ada karena merupakan komponen inti dalam RPP. Sedangkan komponen lainnya
hanya bersifat pelengkap. Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai
oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Penyusunan tujuan pembelajaran
pada RPP yang disederhanakan dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang
mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran
ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai
Kompetensi Dasar. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap memuat komponen
keterampilan abad 21 seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C
(Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan
Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Prosedur
penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap
memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar
penilaian. Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga
bentuk penilaian abad 21, seperti assessment for learning, assessment as
learning dan assessment of learning. |
|
|
3. |
Bahan ajar a.
Apa yang harus dilakukan oleh guru untuk menyiapkan bahan ajar yang
menunjang? b.
Unsur apa yang saja yang ada dalam bahan ajar? c.
Uraikan isi dari setiap unsur tersebut! |
a.
Membuat
bahan ajar yang menarik, kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan
peserta didik. b.
Petunjuk
belajar, kompetensi yang harus dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan,
lembar kerja, evaluasi c.
(1)
petunjuk belajar : tentang bagaimana pendidik
sebaiknya mengajarkan materi kepada peserta didik dan bagaimana pula peserta
didik mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar tersebut. Denganadanya
petunjuk belajar ini, diharapkan peserta didik khususnya tidak salah dalam
mempelajari bahan ajar. (2) kompetensi yang harus dicapai : ujuan yang harus dicapai oleh peserta didik. (3) informasi pendukung : digunakan untuk melengkapi bahan
ajar, sehingga peserta didik semakin mudah untuk menguasai pengetahuan yang
akan mereka peroleh. (4) latihan-latihan : untuk melatih kemampuan mereka
setelah mempelajari bahan ajar. (5) petunjuk kerja atau lembar kerja: berisi sejumlah
langkah prosedural cara pelaksanaan aktivitas atau kegiatan tertentu yang
harus dilakukan oleh peserta didik berkaitan dengan praktik dan lain
sebagainya. (6) Evaluasi merupakan salah satu bagian dari proses
penilaian. Sebab, dalam unsur evaluasi terdapat sejumlah pertanyaan yang
ditunjukkan kepada peserta didik untuk mengukur seberapa jauh penguasaan
kompetensi yang berhasil mereka kuasai setelah mengikuti proses
pembelajaran. |
|
|
4. |
Media pembelajaran a.
Unsur apa yang saja yang ada dalam media ajar? b.
Uraikan isi dari setiap unsur tersebut! c.
Media pembelajaran seperti apa yang ideal disiapkan oleh Anda sebagai
seorang guru? |
c.
Media yang ideal adalah media
yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran d.
Media
pembelajaran yang ideal adalah media pembelajaran yang dapat membawa
pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. (Sumber : Rohani, Media
Pembelajaran, Diktat (2019) : 95 |
|
|
5. |
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) a.
Unsur apa yang saja yang ada dalam LKPD? b.
Mengapa unsur-unsur dalam LKPD itu penting? c.
Uraikan isi dari setiap unsur tersebut! |
Lembar Kegiatan Peserta Didik a.
Judul,
petunjuk belajar, kompetensi dasar atau meteri pokok, informasi pendukung,
tugas-tugas atau Langkah kerja dan penilaian (Sumber: Prastowo,
A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA
Press.) b.
Unsur dalam LKPD merupakan hal yang penting
karena berisikan pandian yang sebagai fasilitator peserta didik yang
dikembangkan terdapat lembaran-lembaran berisikan
materi, petunjuk dan ringkasan
yang dikerjakan oleh
peserta didik sehingga
dapat menambah kemapuan
diaspek kognitif sebagai informasi yang diberikan oleh peserta didik
(Sumber: Rahmawati & Wulandari. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta
Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi
Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMKNegeri 1 Jombang.Vol 8, No 3
(2020) c.
Judul berisikan tentang
topik pembelajaran, petunjuk belajar yaitu arahan dalam mengerjakan LKPD,
kompetensi dasar atau materi pokok adalah rangkaian bahan ajar pada materi
pokok tersebut, informasi pendukung bisa berupa buku paket, buku lks, atau
link sosial media, tugas-tugas atau Langkah kerja merupakan arahan dalam
menyusun soal LKPD, penilaian yaitu berisi rubrik penilaian yang diharapkan
dari materi tersebut. (Sumber:
Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.) |
|
|
6. |
Alat evaluasi a.
Ketika Anda menjadi seorang peserta didik, bahan ajar seperti apa yang
Anda harapkan disediakan oleh guru Anda? b.
Unsur apa yang saja yang ada dalam bahan ajar? c.
Uraikan isi dari setiap unsur tersebut! |
a.
Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran
memiliki berbagai bentuk yang dapat dikembangkan. bentuk bahan ajar atau
materi pembelajaran antara lain: (1) Bahan cetak seperti; modul, buku, LKS,
brosur, hand out, leaflet, wallchart, (2) Audio Visual seperti; video/ film,VCD,
(3) Audio seperti; radio, kaset, CD audio, PH, (4) Visual; foto, gambar,
model/ maket, (5) Multi Media; CD interaktif, computer Based, Internet. b.
Unsur
Bahan Ajar 1.
Petunjuk
belajar 2.
Kompetensi
3.
Isi
materi 4.
Informasi 5.
Latihan-latihan 6.
Petunjuk
kerja 7.
Evaluasi c.
Uraian
dari setiap unsur 1.
Petunjuk
belajar dimana pendidik sebagiknya mengajarkan materi kepada peserta didik
dan peserta didik sebaiknya mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar
tersebut 2.
Kompetensi
dimana apa yang akan dicapai harus dijelaskan dan dicantumkan standard
kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar yang harus
dikuasai peserta didik sehingga tujuan jelas. 3.
Isi
materi yang dapat dipertanggung jawabkan dimana harus ada sumber yang relevan
agar tidak ada kesalahan konsep karena isi adalah inti dari bahan ajar yang
wajib sesuai kompetensi dan indikator yang dicapai. 4.
Informasi
pendukung yang adapat melengkapi bahan ajar sehingga peserta didik akan mudah
menguasai pengetahuan yang akan mereka perolah agar pemahaman peserta didik
semakin komprehensif 5.
Latihan
dalam bentuk tugas yang diberikan peserta didik dapat melatih kemampuan
mereka sehingga semakin terasah dan terkuasai secara matang 6.
Petunjuk
kerja/lembar kerja dimana langkah prosedural cara pelaksanaan
aktivitas/kegiatan tertentu yang dilakukkan peserta didik berkaitan dengan
praktek 7.
Evaluasi
dimana ada pertanyaan yang ditunjukkan kepada peserta didik untuk mengukur
seberapa jauh penguasaan kompetensi yang berhasil dikuasai setelah mengikuti
proses pembelajaran. |
LK 3 Menelaah Asesmen Pembelajaran yang
Disusun Guru
|
Refleksi |
Respon |
|
Apasaja yang harus dipersiapkan guru dalam menyusun asesmen? |
perencanaan, pelaksaanaan, analisis data, interprestasi data dan tindak
lanjut |
|
Seberapapentingkahpelaksanaanasesmenataupengukuranterhadappendeteksiankemampuanpesertadidik? |
sangat penting karena pelaksanaan
asesmen dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif,
sehinggadapat menjadi evaluasi dan tindak lanjut untuk pembelajaran ke depannya. |
|
Apakah nilai asesmen nasional menentukan kelulusan peserta didik? |
Tidak, Asesmen Nasional tidak menentukan
kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan
pendidikan. Asesmen Nasional juga tidakdigunakan untuk menilai peserta didik
yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau
nilai pesertadidik secara individual |
|
Apakah guru perlu membuat pedoman/rubric dalam asesmen? |
Iya, karena digunakan untuk pedoman
penskoran |
|
Apa yang harus diperhatikan dalam menyusun asesmen?
|
Menganalisis capaian pembelajaran,
menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, perencaan dan
pengolahan asesmen formatif dan sumatif |
|
Instrumen apa saja yang perlu dipersiapkan
dalam asesmen? |
Tes tertulis/lisan Keterampilan
(produk,praktik) Observasi |
LK 4 Perencanaan Pembelajaran Efektif
Comments
Post a Comment