asesmen kurikulum

 

Nama Kelompok :

1.      M.Abdul Aziz Hidayatulloh

2.      Rinda Pranita

 

LK 2. Menelaah Perencanaan Pembelajaran yang Disusun Guru

No

Aspek yang ditelaah

Deskripsi hasil pengamatan

Simpulan

1.

Silabus

a.       Informasi penting apa yang Anda peroleh dalam setiap kolom pada silabus?

b.      Uraikan fungsi dari setiap kolom yang ada!

 

a.       Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen - komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar. Da juga diartikan sebagai penajbaran kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiaatan pemebelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

  1. Identitas Mata Pelajaran

Identitas Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan kelas.

Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar (KD), merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.

Indikator pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

Materi Pokok, adalah memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.

Pembelajaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.

Alokasi Waktu, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.

Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru. Silabus ini juga wajib digunakan sebagai sarana untuk memudahkan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi, secara otomatis setiap guru ini kemudian akan menjadikan silabus ini sebagai pedoman penyusunan rencana kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP merupakan Rencana pelaksanaan pembelajaran. Dimana RPP merupakan runtutan untuk guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Didalam RPP sebaiknya dibentuk denganruntutan yang rinci. Hal pertama adanya apresiasi, pendekatan, indicator yang berlandaskan kognitif dan psikomotirik yang sesuai, tujuan pembelajaran yang benar (ABCD), ringkasan materi yang disampaikan, adanya LPKD dan Evaluasi, serta rubrik penilaian tertulis dalam rangkaian pembelajaran tersusun, dengan TPACK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar dalam RPP harus mengandung materi yang sesuai dengan pembelajaran saat itu. Materi yang runtut biasanya mengandung PBL/PJBL. Teori didalam pembelajaran menganut masalah yang ada di dalam tema/pelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Media pembelajaran mengandung kegunaan untuk opening, penguat, dan materi inti. Sehingga penggunaan media dalam RPP bisa menunjang kegiatan pembelajaran.

 

 

 

 

 

Lembar LKPD merupakan hasil pengingat materi di akhir kegiatan pembelajaran, untuk pematangan mteri yang telah di sampaikan olehguru. LKPD lembar kerja yang dikerjakan/disampai kan didalam kelas. Berbeda dengan evaluasi, kalau evaluasi biasanya terlampirkan pada akhir pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat Evaluasi biasnya berada di akhir kegiatan/pembelajar an. Contoh didalam evaluasi biasaya terdiri dari indicator yang digunakan, kisi-kisi, contoh soal evaluasi (HOTS), lalu disertai kunci jawaban.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

a.       Unsur apa saja yang ada dalam RPP?

b.      Apakah semua unsur yang ada pada RPP yang sudah dipelajari itu penting?

c.       Unsur apa saja yang esensial harus ada? Mengapa?

d.      Uraikan isi dari setiap unsur tersebut!

 

a.       Unsur yang ada yaitu identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, alokasi waktu, metode/media pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar.

 

b.      Semua unsur dalam RPP sangat penting dan saling berkaitan sehingga ketika menyusun RPP maka harus dilakukkan oleh semua guru karena dalam pernagkat/RPP tersebut memuat tujuan pembelajaran dimana bahasan yang ada di dalam pembelajaran akan memiliki tujuan yang berbeda.

 

c.       komponen penting dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, langkah¬ langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Ketiga unsur tersebut harus ada karena merupakan komponen inti dalam RPP. Sedangkan komponen lainnya hanya bersifat pelengkap.

 Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Penyusunan tujuan pembelajaran pada RPP yang disederhanakan dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan abad 21 seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga bentuk penilaian abad 21, seperti assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.

3.

Bahan ajar

a.         Apa yang harus dilakukan oleh guru untuk menyiapkan bahan ajar yang menunjang?

b.         Unsur apa yang saja yang ada dalam bahan ajar?

c.         Uraikan isi dari setiap unsur tersebut!

 

a.       Membuat bahan ajar yang menarik, kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan peserta didik.

 

b.      Petunjuk belajar, kompetensi yang harus dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan, lembar kerja, evaluasi

c.       (1) petunjuk belajar : tentang bagaimana pendidik sebaiknya mengajarkan materi kepada peserta didik dan bagaimana pula peserta didik mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar tersebut. Denganadanya petunjuk belajar ini, diharapkan peserta didik khususnya tidak salah dalam mempelajari bahan ajar.

(2) kompetensi yang harus dicapai : ujuan yang harus dicapai oleh peserta didik.

(3) informasi pendukung : digunakan untuk melengkapi bahan ajar, sehingga peserta didik semakin mudah untuk menguasai pengetahuan yang akan mereka peroleh.

(4) latihan-latihan : untuk melatih kemampuan mereka setelah mempelajari bahan ajar.

(5) petunjuk kerja atau lembar kerja: berisi sejumlah langkah prosedural cara pelaksanaan aktivitas atau kegiatan tertentu yang harus dilakukan oleh peserta didik berkaitan dengan praktik dan lain sebagainya.

(6) Evaluasi merupakan salah satu bagian dari proses penilaian. Sebab, dalam unsur evaluasi terdapat sejumlah pertanyaan yang ditunjukkan kepada peserta didik untuk mengukur seberapa jauh penguasaan kompetensi yang berhasil mereka kuasai setelah mengikuti proses pembelajaran. 

4.

Media pembelajaran

a.       Unsur apa yang saja yang ada dalam media ajar?

b.      Uraikan isi dari setiap unsur tersebut!

c.       Media pembelajaran seperti apa yang ideal disiapkan oleh Anda sebagai seorang guru?

 

  1. Gambar
  2. Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk 2 dimensi.

c.       Media yang ideal adalah media yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran

d.      Media pembelajaran yang ideal adalah media pembelajaran yang dapat membawa pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. (Sumber : Rohani, Media Pembelajaran, Diktat (2019) : 95

5.

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)

a.       Unsur apa yang saja yang ada dalam LKPD?

b.      Mengapa unsur-unsur dalam LKPD itu penting?

c.       Uraikan isi dari setiap unsur tersebut!

 

Lembar Kegiatan Peserta Didik

a.       Judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau meteri pokok, informasi pendukung, tugas-tugas atau Langkah kerja dan penilaian (Sumber: Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.)

b.      Unsur dalam LKPD merupakan hal yang penting karena berisikan pandian yang sebagai fasilitator peserta didik yang dikembangkan terdapat lembaran-lembaran  berisikan  materi,  petunjuk dan  ringkasan  yang  dikerjakan  oleh  peserta  didik  sehingga  dapat  menambah  kemapuan  diaspek kognitif sebagai informasi yang diberikan oleh peserta didik (Sumber: Rahmawati & Wulandari. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMKNegeri 1 Jombang.Vol 8, No 3 (2020)

c.       Judul berisikan tentang topik pembelajaran, petunjuk belajar yaitu arahan dalam mengerjakan LKPD, kompetensi dasar atau materi pokok adalah rangkaian bahan ajar pada materi pokok tersebut, informasi pendukung bisa berupa buku paket, buku lks, atau link sosial media, tugas-tugas atau Langkah kerja merupakan arahan dalam menyusun soal LKPD, penilaian yaitu berisi rubrik penilaian yang diharapkan dari materi tersebut. (Sumber: Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.)

6.

Alat evaluasi

a.       Ketika Anda menjadi seorang peserta didik, bahan ajar seperti apa yang Anda harapkan disediakan oleh guru Anda?

b.      Unsur apa yang saja yang ada dalam bahan ajar?

c.       Uraikan isi dari setiap unsur tersebut!

 

a.       Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran memiliki berbagai bentuk yang dapat dikembangkan. bentuk bahan ajar atau materi pembelajaran antara lain: (1) Bahan cetak seperti; modul, buku, LKS, brosur, hand out, leaflet, wallchart, (2) Audio Visual seperti; video/ film,VCD, (3) Audio seperti; radio, kaset, CD audio, PH, (4) Visual; foto, gambar, model/ maket, (5) Multi Media; CD interaktif, computer Based, Internet.

b.      Unsur Bahan Ajar

1.      Petunjuk belajar

2.      Kompetensi

3.      Isi materi

4.      Informasi

5.      Latihan-latihan

6.      Petunjuk kerja

7.      Evaluasi

c.       Uraian dari setiap unsur

1.      Petunjuk belajar dimana pendidik sebagiknya mengajarkan materi kepada peserta didik dan peserta didik sebaiknya mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar tersebut

2.      Kompetensi dimana apa yang akan dicapai harus dijelaskan dan dicantumkan standard kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar yang harus dikuasai peserta didik sehingga tujuan jelas.

3.      Isi materi yang dapat dipertanggung jawabkan dimana harus ada sumber yang relevan agar tidak ada kesalahan konsep karena isi adalah inti dari bahan ajar yang wajib sesuai kompetensi dan indikator yang dicapai.

4.      Informasi pendukung yang adapat melengkapi bahan ajar sehingga peserta didik akan mudah menguasai pengetahuan yang akan mereka perolah agar pemahaman peserta didik semakin komprehensif

5.      Latihan dalam bentuk tugas yang diberikan peserta didik dapat melatih kemampuan mereka sehingga semakin terasah dan terkuasai secara matang

6.      Petunjuk kerja/lembar kerja dimana langkah prosedural cara pelaksanaan aktivitas/kegiatan tertentu yang dilakukkan peserta didik berkaitan dengan praktek

7.      Evaluasi dimana ada pertanyaan yang ditunjukkan kepada peserta didik untuk mengukur seberapa jauh penguasaan kompetensi yang berhasil dikuasai setelah mengikuti proses pembelajaran.

  

LK 3 Menelaah Asesmen Pembelajaran yang Disusun Guru

Refleksi

Respon

Apasaja yang harus dipersiapkan guru dalam menyusun asesmen?

perencanaan, pelaksaanaan, analisis data, interprestasi data dan tindak lanjut

Seberapapentingkahpelaksanaanasesmenataupengukuranterhadappendeteksiankemampuanpesertadidik?

sangat penting karena pelaksanaan asesmen dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif, sehinggadapat menjadi evaluasi dan tindak lanjut untuk pembelajaran ke depannya.

Apakah nilai asesmen nasional menentukan kelulusan  peserta didik?

Tidak, Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidakdigunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai pesertadidik secara individual

Apakah guru perlu membuat pedoman/rubric dalam asesmen?

Iya, karena digunakan untuk pedoman penskoran

Apa yang harus diperhatikan dalam menyusun asesmen?

 

 

Menganalisis capaian pembelajaran, menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, perencaan dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif

Instrumen  apa saja yang perlu dipersiapkan dalam asesmen?

Tes tertulis/lisan

Keterampilan (produk,praktik)

Observasi

 

LK 4 Perencanaan Pembelajaran Efektif

Menurut hasil pengamatan Anda, perencanaan pembelajaran seperti apa  yang paling efektif untuk peserta didik Anda di kelas? Jelaskan!

 

Perencanaan pembelajaran yang efektif adalah perencaan yang disesuaikan dengan kondisi siswa, memperhitungkan waktu yang tersedia, urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis dan berdasarkan pada keterpaduan antar tujuan kompetensi, materi, kegiatan belajar dan evaluasi. Perencanaan pembelajaraan harus memfokuskan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, dan proses pembelajaran dapat bermakna dan menyenangkan.

 

 





  


Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi