Topik 3 Filosofi Pendidikan
1. Apa yang khas dan unik
sebagai manusia Indonesia?
Yang
khas dan unik sebagai manusia Indonesia adalah keberagaman sosial Kultural dan
juga nilai luhur yang ada pada setiap daerah sehingga para pemimpin kemerdekaan
membuat pancasila sebagai perekat keberagaman nilai luhur budaya yang
membentang dari sabang sampai merauke. Keragaman yang ada memberikan pengalaman
yang secara hakiki membentuk identitas ke Indonesian. Keragaman juga membentuk
karakter ke Indonesiaan yang terbuka dengan hal baru dimana semua keragaman
bersifat transdental dan terbuka untuk digali maknanya melalui proses
eksplorasi pengalaman lokalitas manusia Indonesia. Keunikan yang ada terutama
pada peserta didik dimana setiap anak mempunyai daya berpikir dan pemahaman
yang berbeda disesuaikan dengan lingkungan dan pola asuh orang tua tersebut.
Lingkungan menjadi faktor utama karena pendidikan yang pertama ada di keluarga
dan pola asuh orang tua kepada anak memberikan dampak positif.
Keragaman itu nilai khas dan menjadi
identitas bangsa Indonesia dimana yang pertama keragaman merupakan anugerah
alami tanpa dirancang yang sudah ada sejak ada sebelum terbentuknya negera
Indonesia. Kedua masyarakat Indonesia beragam dalam hal pengalaman hidup,
budaya, bahasa, ras, suku, bahasa, kepercayaan, tradisi, dan berbagai ungkapan
simbolis. Keragaman itu nilai kemanusiaan yang menjadi identitas bangsa dan
budaya Indonesia. Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada
anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Melalui
pendidikan kelak diharapkan bisa tumbuh kehidupan kekuatan kodrat yang ada pada
anak-anak. Pedidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan garis
bangsanya dan ditunjukkan untuk keperluan peri kehidupan yang dapat mengangkat
derajat negeri dan rakyatnya. Pendidikan budi pekerti menjadikan ruh-ruh
kebangsaan menuju kea rah keluhuran dan kesucian hidup. Pendidikan jaman dahulu
hanya diberikan kepada anak para bangsawan akan tetapi sekarang lebih berpihak
kepada peserta didik karena tujuan pendidikan tertuang pada Undang-Undang Dasar
semua warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan tujuan juga sudah di
terapkan dengan memberikan bantuan kepada sekolah terutama di sasarkan kepada
peserta didik dan juga anggaran Negara sudah ada prioritas terutama untuk
pendidikan dengan memajukan pola pikir dan manusia yang bisa berpikir kritis.
Semboyan “Ing Ngarso Sung Tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani
dimana ketika di depan harus memberik contoh/panutan, ditengah membangun
semangat / ide dan dibelakang memberikan dorongan.
2. Apa yang saya syukuri sebagai manusia
Indonesia?
Yang disyukuri dalam kebudayaan terutama unsur
ini bersifat universal sehingga ada di semua daerah yaitu
1. bahasa daerah yang dimiliki oleh setiap daerah
seperti contoh bahasa jawa yang dipakai oleh orang jawa timur bahasa sunda jawa
barat, dan berbagai bahasa lainnya sesuai dengan keragaman daerah tersebut .
2. kesenian setiap daerah juga menjadikan ciri
khas dari daerah tersebut dan ini yang membuat Indonesia penuh dengan keragaman
kebudayaan yang ada karena kesenian mempunyai keunikan tersendiri terutama
dalam memperkenalkan kebudayaan daerahnya.
3. sistem religi berhubungan dengan keagamaan di
Indonesia ada 6 agama yaitu : Islam, Kristen, katolik, hindu, budhha, dan
konghucu yang diakui di Indonesia meskipun mayoritas Beragama islam akan tetapi
kita mempunyai toleransi yang baik terutama tentang hari keagamaan dan ibadah
yang dijalaninya sehingga sebisa mungkin kita belajar menghargainya.
4. sistem teknologi berjalan sesuai dengan
kemajuan dalam perubahan zaman dimana sekarang semuanya sudah serba online dan
ini membuat semua wajib memahami teknologi yang sedang berkembang ditambah
dengan adanya teknologi informasi yang kita butuhkan dapat kita cari dengan
mudah dan perkembangan ini pasti membawa dampak positif dan negative bagi
peserta didik makanya wajib di awasi terutama dalam penggunaan agar tidak
mengarah ke hal negative.
5. sistem mata pencaharian selalu berhubungan
dengan kondisi geografis daerah sekitar seperti contoh orang yang hidup di
sekitar pesisir pantai mereka banyak bermata pencaharian sebagai nelayan.
Tujuan dari mata pencaharian adalah memenuhi kebutuhan terutama dalam menunjang
kehidupan. Semua disesuaikan dengan kondisi daerah dan kemampuan yang dimiliki
sehingga pekerjaan seseorang beragam apalagi jika mereka bisa kreatif maka akan
dapat dengan mudah menghasilkan uang.
6. organisasi sosial yang ada di lingkungan
masyarakat berguna untuk menunjang kegiatan yang ada di masyarakat dapat
berjalan dengan baik terutama tentang sosialisasi dari dinas kesehatan yang
peduli kepada anak dan ibu hamil dimana dengan adanya ibu hamil maka wajib
rutin perika ke dokter dengn minum vitamin dan menjaga pola makan agar anak
lahir dengan sehat. Organisasi sosial lainnya karang taruna yang ada di sekitar
rumah setiap RT dengan tujuan agar bisa membantu kesibukan tetangga terutama
ketika ada hajatan.
7. sistem ilmu pengetahuan seseorang sangat memberikan
pengaruh positif terutama untuk menciptakan suatu hal yang baru. Contoh karena
adanya permasalahan tabung gas yang langka maka ada yang berpikir kreatif
dengan menggunakkan limbah kotoran. Sistem ilmu pengetahuan seperti ini yang
bisa menunjang keberlangsungan hidup terutama dalam memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya karena adanya keterbukaan kita
terhadap teknologi yang ada dan usaha untuk belajar memulai hal yang belum
tentu tidak semua orang berhasil.
Semua yang ada di
Indonesia wajib disyukuri dan keragaman menjdikan identitas dan jiwa budaya
karena budaya itu mengandung 4 pilar dimana ada nilai, bahasa, adat-istiadat,
tradisi dan teknik pengungkapan dalam perilaku manusia menurut Batista Mondin.
3. Mengapa penting memahami keunikan identitas
manusia Indonesia dalam mengembangkan pendidikan Indonesia?
Karena dengan adanya keunikan ini memberikan
identitas pada peserta didik sehingga ketika kita memberikan materi
pembelajaran sebisanya kita membuang kebudayaan daerah tersebut. Kebudayaan ini
biasanya sudah tumbuh dan secara turun temurun di pegang oleh generai ke
generasi. Pengembangan pendidikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan
perkembangan jaman yang ada karena perkebangan zaman akan membawa perubahan dan
adanya pendidikan di harapkan dapat mendidik calon pemimpin negeri.
Pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik adalah pembelajaran
kontruktivisme dimana dengan membangun pemahaman yang sudah di dapatnya dari
apa yang sudah terjadi dan dikaitkan dengan materi pembelajaran sehingga adanya
kesinambungan dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dan memberikan
pengalaman yang berbeda. Pembelajaran juga harus disesuaikan dengan
kemampuan tidak bisa dipaksakan karena ketika
anak memang ada yang terlambat dalam memahami materi maka sebisa mungkin kita
memberikan tambahan waktu agar anak tersebut bisa memahami dan tidak tertinggal
dari teman lainnya.
4. Bagaimana identitas manusia Indonesia menjadi
sebuah landasan mengimplementasi pendidikan nasional?
Identitas manusia yag terbuka dengan perubahan
maka membuat menteri pendidikan selalu memberikan terobosan baru terutama
dengan adanya perubahan kurikulum yang akan dipakai dan diberikan kepada
peserta didik. Saya sangat setuju jika adanya perubahan kurikulum dapat membuat
peserta didik ke arah yang lebih baik akan tetapi jika memang belum berhasil
wajib menggunakkan berbagai metode yang bisa dipakai terutama dalam mengajar
dan memberikan pemahaman kepada peserta didik. Implementasi pendidikan
Indonesia contoh perubahan kurikulum yang dibarengi dengan buku ajar yang
dipakai dan juga guru lebih kreatif memanfaatkan teknologi sehingga adanya
perubahan dari tahun ke tahun dan perkembangan teknologi sangat pesat. Pola
asuh sangat berpengaruh terutama sikap dan cara berbicara anak ketika di
sekolah saat menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan teman sebaya dan
semuanya akan terekam jelas pada diri anak karena pola asuh berhungan dengan
orang tua dan lingkungan sekitarnya.
Comments
Post a Comment