Topik 3 Filosofi Pendidikan

1.  Apa yang khas dan unik sebagai manusia Indonesia?

Yang khas dan unik sebagai manusia Indonesia adalah keberagaman sosial Kultural dan juga nilai luhur yang ada pada setiap daerah sehingga para pemimpin kemerdekaan membuat pancasila sebagai perekat keberagaman nilai luhur budaya yang membentang dari sabang sampai merauke. Keragaman yang ada memberikan pengalaman yang secara hakiki membentuk identitas ke Indonesian. Keragaman juga membentuk karakter ke Indonesiaan yang terbuka dengan hal baru dimana semua keragaman bersifat transdental dan terbuka untuk digali maknanya melalui proses eksplorasi pengalaman lokalitas manusia Indonesia. Keunikan yang ada terutama pada peserta didik dimana setiap anak mempunyai daya berpikir dan pemahaman yang berbeda disesuaikan dengan lingkungan dan pola asuh orang tua tersebut. Lingkungan menjadi faktor utama karena pendidikan yang pertama ada di keluarga dan pola asuh orang tua kepada anak memberikan dampak positif.

       Keragaman itu nilai khas dan menjadi identitas bangsa Indonesia dimana yang pertama keragaman merupakan anugerah alami tanpa dirancang yang sudah ada sejak ada sebelum terbentuknya negera Indonesia. Kedua masyarakat Indonesia beragam dalam hal pengalaman hidup, budaya, bahasa, ras, suku, bahasa, kepercayaan, tradisi, dan berbagai ungkapan simbolis. Keragaman itu nilai kemanusiaan yang menjadi identitas bangsa dan budaya Indonesia. Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Melalui pendidikan kelak diharapkan bisa tumbuh kehidupan kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak. Pedidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan garis bangsanya dan ditunjukkan untuk keperluan peri kehidupan yang dapat mengangkat derajat negeri dan rakyatnya. Pendidikan budi pekerti menjadikan ruh-ruh kebangsaan menuju kea rah keluhuran dan kesucian hidup. Pendidikan jaman dahulu hanya diberikan kepada anak para bangsawan akan tetapi sekarang lebih berpihak kepada peserta didik karena tujuan pendidikan tertuang pada Undang-Undang Dasar semua warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan tujuan juga sudah di terapkan dengan memberikan bantuan kepada sekolah terutama di sasarkan kepada peserta didik dan juga anggaran Negara sudah ada prioritas terutama untuk pendidikan dengan memajukan pola pikir dan manusia yang bisa berpikir kritis. Semboyan “Ing Ngarso Sung Tulodho, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani dimana ketika di depan harus memberik contoh/panutan, ditengah membangun semangat / ide dan dibelakang memberikan dorongan.

2.  Apa yang saya syukuri sebagai manusia Indonesia?

Yang disyukuri dalam kebudayaan terutama unsur ini bersifat universal sehingga ada di semua daerah yaitu

1.    bahasa daerah yang dimiliki oleh setiap daerah seperti contoh bahasa jawa yang dipakai oleh orang jawa timur bahasa sunda jawa barat, dan berbagai bahasa lainnya sesuai dengan keragaman daerah tersebut .

2.    kesenian setiap daerah juga menjadikan ciri khas dari daerah tersebut dan ini yang membuat Indonesia penuh dengan keragaman kebudayaan yang ada karena kesenian mempunyai keunikan tersendiri terutama dalam memperkenalkan kebudayaan daerahnya.

3.    sistem religi berhubungan dengan keagamaan di Indonesia ada 6 agama yaitu : Islam, Kristen, katolik, hindu, budhha, dan konghucu yang diakui di Indonesia meskipun mayoritas Beragama islam akan tetapi kita mempunyai toleransi yang baik terutama tentang hari keagamaan dan ibadah yang dijalaninya sehingga sebisa mungkin kita belajar menghargainya.

 

4.    sistem teknologi berjalan sesuai dengan kemajuan dalam perubahan zaman dimana sekarang semuanya sudah serba online dan ini membuat semua wajib memahami teknologi yang sedang berkembang ditambah dengan adanya teknologi informasi yang kita butuhkan dapat kita cari dengan mudah dan perkembangan ini pasti membawa dampak positif dan negative bagi peserta didik makanya wajib di awasi terutama dalam penggunaan agar tidak mengarah ke hal negative.

 

5.    sistem mata pencaharian selalu berhubungan dengan kondisi geografis daerah sekitar seperti contoh orang yang hidup di sekitar pesisir pantai mereka banyak bermata pencaharian sebagai nelayan. Tujuan dari mata pencaharian adalah memenuhi kebutuhan terutama dalam menunjang kehidupan. Semua disesuaikan dengan kondisi daerah dan kemampuan yang dimiliki sehingga pekerjaan seseorang beragam apalagi jika mereka bisa kreatif maka akan dapat dengan mudah menghasilkan uang.

 

6.    organisasi sosial yang ada di lingkungan masyarakat berguna untuk menunjang kegiatan yang ada di masyarakat dapat berjalan dengan baik terutama tentang sosialisasi dari dinas kesehatan yang peduli kepada anak dan ibu hamil dimana dengan adanya ibu hamil maka wajib rutin perika ke dokter dengn minum vitamin dan menjaga pola makan agar anak lahir dengan sehat. Organisasi sosial lainnya karang taruna yang ada di sekitar rumah setiap RT dengan tujuan agar bisa membantu kesibukan tetangga terutama ketika ada hajatan.

 

7.    sistem ilmu pengetahuan seseorang sangat memberikan pengaruh positif terutama untuk menciptakan suatu hal yang baru. Contoh karena adanya permasalahan tabung gas yang langka maka ada yang berpikir kreatif dengan menggunakkan limbah kotoran. Sistem ilmu pengetahuan seperti ini yang bisa menunjang keberlangsungan hidup terutama dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya karena adanya keterbukaan kita terhadap teknologi yang ada dan usaha untuk belajar memulai hal yang belum tentu tidak semua orang berhasil.

 

Semua yang ada di Indonesia wajib disyukuri dan keragaman menjdikan identitas dan jiwa budaya karena budaya itu mengandung 4 pilar dimana ada nilai, bahasa, adat-istiadat, tradisi dan teknik pengungkapan dalam perilaku manusia menurut Batista Mondin.

 

3.  Mengapa penting memahami keunikan identitas manusia Indonesia dalam mengembangkan pendidikan Indonesia?

Karena dengan adanya keunikan ini memberikan identitas pada peserta didik sehingga ketika kita memberikan materi pembelajaran sebisanya kita membuang kebudayaan daerah tersebut. Kebudayaan ini biasanya sudah tumbuh dan secara turun temurun di pegang oleh generai ke generasi. Pengembangan pendidikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman yang ada karena perkebangan zaman akan membawa perubahan dan adanya pendidikan di harapkan dapat mendidik calon pemimpin negeri. Pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik adalah pembelajaran kontruktivisme dimana dengan membangun pemahaman yang sudah di dapatnya dari apa yang sudah terjadi dan dikaitkan dengan materi pembelajaran sehingga adanya kesinambungan dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dan memberikan pengalaman yang berbeda. Pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kemampuan  tidak bisa dipaksakan karena ketika anak memang ada yang terlambat dalam memahami materi maka sebisa mungkin kita memberikan tambahan waktu agar anak tersebut bisa memahami dan tidak tertinggal dari teman lainnya.

4.  Bagaimana identitas manusia Indonesia menjadi sebuah landasan mengimplementasi pendidikan nasional?

Identitas manusia yag terbuka dengan perubahan maka membuat menteri pendidikan selalu memberikan terobosan baru terutama dengan adanya perubahan kurikulum yang akan dipakai dan diberikan kepada peserta didik. Saya sangat setuju jika adanya perubahan kurikulum dapat membuat peserta didik ke arah yang lebih baik akan tetapi jika memang belum berhasil wajib menggunakkan berbagai metode yang bisa dipakai terutama dalam mengajar dan memberikan pemahaman kepada peserta didik. Implementasi pendidikan Indonesia contoh perubahan kurikulum yang dibarengi dengan buku ajar yang dipakai dan juga guru lebih kreatif memanfaatkan teknologi sehingga adanya perubahan dari tahun ke tahun dan perkembangan teknologi sangat pesat. Pola asuh sangat berpengaruh terutama sikap dan cara berbicara anak ketika di sekolah saat menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan teman sebaya dan semuanya akan terekam jelas pada diri anak karena pola asuh berhungan dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi