Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila Topik 4
Mahasiswa membuat sebuah kesimpulan dan pesan kunci dengan mengaitkan
pemahaman dari Topik IV dengan Topik I, Topik II dan Topik III. Sejauh mana
topik tentang Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan
perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta
Didik dalam Pendidikan Abad ke-21.
Selanjutnya,
silakan ketikkan hasil kesimpulan Anda sesuai petunjuk
pengiriman di bawah.
Keterkaitan antara topik IV dan Topik
I adalah dimana
a.
Pembahasan di topik 4 tentang identitas dan entitas dimana
pancasila menjadikan salah satu pedoman dan sila pancasila menjadi suatu hal yang wajib dan harus di terapkan
dalam kehidupan dimana sila pertama mengajarkan kita untuk menjalani agama dan
keyakinan sesuai dengan kepercayaan, sila kedua mengajarkan kita untuk selalu
menjalin hubungan yang baik dan saling membantu sesama manusia, sila ketiga
berhubungan dengan cara menjaga persatuan Indonesia dengan selalu mencintai
kebudayaan sendiri yaitu kebudayaan Indonesia, sila ke empat yang mengajarkan
untuk menyelesaikan semua masalah dengan musyawarah dan sila ke lima yang
mengajarkan kehidupan yang seimbang. Kita juga belajar tentang perbedaan ras,
bahasa, agama, suku, dan budaya yang memang dari latar berbeda akan tetapi
harus saling menghargai dan memaknai sehingga dalam pembelajaran sekarang
diterapkan profil pelajar pancasila yang mengadaptasi dari kelima sila yaitu
berakhlah mulia, kebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
b.
Pembahasan di topik 1 adalah tentang menghayati perjuangan pendidikan
yang dimulai dari zaman penjajahan hingga kemerdekaan, dimana selama masa
penjajahan pendidikan mengalami deskriminasi terutama bagi wanita dan para
pribumi karena yang bisa mendapatkan pendidikan hanya anak yang orang tuanya
mempunyai pangkat seperti anak bangsawan sehingga mereka harus dan setelah
kemerdekaan pendidikan mempunyai tujuan yang jelas dimana semua warga Negara
Indonesia wajib mendapatkan pendidikan yang sama sesuai dengan tujuan yang
tertuang di UUD memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa
sehingga pendidikan wajib selama 12 tahun wajib dilalui oleh semua anak dan
pemerintah juga sudah memberikan banyak bantuan untuk memajukan dunia
pendidikan. Lahirnya pemikiran dari Ki Hajar Dewantara menjadikan bukti jika
pendidikan mempunyai pandangan besar dimulai setelah Indonesia merdeka. Pada
jaman dahulu pendidikan hanya dengan tujuan tertentu akan tetapi pembelajaran
sekarang lebih melihat kondisi dari peserta didik dan juga mengadaptasi tentang
teknologi karena sekarang semua sudah bisa berkembang sesuai dengan
perkembangan zaman yang ada. Kondisi alam yang berhubungan dengan kemampuan
peserta didik menjadikan kita sebagai guru juga harus melihat kebutuhan dari
para peserta didik.
c.
Pada topik I dan topik IV mempunyai keterkaitan dimana kita harus
menumbuhkan kesadaran calon guru professional terkait perjuangan bangsa
Indonesia dari masa ke masa demi terciptanya pendidikan yang baik. Semua harus
berlandaskan tentang pancasila karena itu menjadikan pedoman dan juga lahirnya
pemikiran ki hajar dewantara menjadkan adanya pendidikan dan perkembangannya
hingga sekarang yang wajib disyukuri. Ketika kita menghadapi perbedaan yang ada
tetapi kita harus bisa memberikan jalan yang baik dengan menyeseuaikan metode,
dan strategi yang bisa berpusat pada peserta didik dan juga menerapkan profil
pelajar pancasila.
Keterkaitan pada topik II dan topik III
a. Topik ke II kita belajar tentang
dasar pemikiran ki hajar dewantara yang dari hasil pemikiran dijadikan acuan,
pemangku kebijakan dan pejuang pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan
yang merdeka belajar. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan dimana guru
memberikan ilmu dan faedah yang baik sebagai bekal kepada peserta didik
sehingga bisa menjalani kehidupan baik secara lahir dan batin. Kita wajib
menuntuk kodrat manusia kea rah yang lebih baik agar mencapai keselamatan dan
kebahagiaan baik sebagai anggota masyarakat dan juga sebagai seorang manusia.
Dimana kita mengalami perbedaan terutama tentang perkembangan zaman yang ada
sehingga sbeisa mungkin kita memberikan pengajaran sesuai dengan keadaan dan
kondisi.
b. Pada topik III kita belajar tentang
identitas manusia Indonesia dan termuat di pancasila. Dimana pancasila
merangkum tentang nilai-nilai, jiwa dan semangat yang dihidupi dan menjunjung
tinggi nilai saling tolong menolong(gotong royong). Ditengah keberagaman
diharapkan di dalam pendidikan tetap bisa menyatukan keberagaman dan melawan
segala hal yang bisa memecah kesatuan.
c. Pada topik II dan III mempunyai
keterkaitan dimana kita harus bisa memberikan pembelajaran yang sesuai dengan
perbedaan keberagaman yang ada dan juga memberikan pengajaran dimana kita harus
memberikan ilmu dan materi yang bisa bermanfaat dalam kehidupan menjadi manusia
dan ketika terjun di lingkungan masyarakat karena di dalam topic III pancasila
mengajarkan dimana kita harus menghargai perbedaan dan bisa menjunjung tinggi
nilai saling tolong menolong karena dengan adanya semangat dalam diri dalam
pendidikan. Semuanya berdasarkan pada pancasila sebagai dasar dan sila yang
terkandung memuat prateknya kita dalam kehidupan sehari-hari.
Comments
Post a Comment