Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila Topik 4

 

Mahasiswa membuat sebuah kesimpulan dan pesan kunci dengan mengaitkan pemahaman dari Topik IV dengan Topik I, Topik II dan Topik III. Sejauh mana topik tentang Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21.

Selanjutnya, silakan ketikkan hasil kesimpulan Anda sesuai petunjuk pengiriman di bawah.

Keterkaitan antara topik IV dan Topik I adalah dimana

a.      Pembahasan di topik 4 tentang identitas dan entitas dimana pancasila menjadikan salah satu pedoman dan sila pancasila menjadi  suatu hal yang wajib dan harus di terapkan dalam kehidupan dimana sila pertama mengajarkan kita untuk menjalani agama dan keyakinan sesuai dengan kepercayaan, sila kedua mengajarkan kita untuk selalu menjalin hubungan yang baik dan saling membantu sesama manusia, sila ketiga berhubungan dengan cara menjaga persatuan Indonesia dengan selalu mencintai kebudayaan sendiri yaitu kebudayaan Indonesia, sila ke empat yang mengajarkan untuk menyelesaikan semua masalah dengan musyawarah dan sila ke lima yang mengajarkan kehidupan yang seimbang. Kita juga belajar tentang perbedaan ras, bahasa, agama, suku, dan budaya yang memang dari latar berbeda akan tetapi harus saling menghargai dan memaknai sehingga dalam pembelajaran sekarang diterapkan profil pelajar pancasila yang mengadaptasi dari kelima sila yaitu berakhlah mulia, kebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

b.      Pembahasan di topik 1 adalah tentang menghayati perjuangan pendidikan yang dimulai dari zaman penjajahan hingga kemerdekaan, dimana selama masa penjajahan pendidikan mengalami deskriminasi terutama bagi wanita dan para pribumi karena yang bisa mendapatkan pendidikan hanya anak yang orang tuanya mempunyai pangkat seperti anak bangsawan sehingga mereka harus dan setelah kemerdekaan pendidikan mempunyai tujuan yang jelas dimana semua warga Negara Indonesia wajib mendapatkan pendidikan yang sama sesuai dengan tujuan yang tertuang di UUD memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga pendidikan wajib selama 12 tahun wajib dilalui oleh semua anak dan pemerintah juga sudah memberikan banyak bantuan untuk memajukan dunia pendidikan. Lahirnya pemikiran dari Ki Hajar Dewantara menjadikan bukti jika pendidikan mempunyai pandangan besar dimulai setelah Indonesia merdeka. Pada jaman dahulu pendidikan hanya dengan tujuan tertentu akan tetapi pembelajaran sekarang lebih melihat kondisi dari peserta didik dan juga mengadaptasi tentang teknologi karena sekarang semua sudah bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Kondisi alam yang berhubungan dengan kemampuan peserta didik menjadikan kita sebagai guru juga harus melihat kebutuhan dari para peserta didik.

c.       Pada topik I dan topik IV mempunyai keterkaitan dimana kita harus menumbuhkan kesadaran calon guru professional terkait perjuangan bangsa Indonesia dari masa ke masa demi terciptanya pendidikan yang baik. Semua harus berlandaskan tentang pancasila karena itu menjadikan pedoman dan juga lahirnya pemikiran ki hajar dewantara menjadkan adanya pendidikan dan perkembangannya hingga sekarang yang wajib disyukuri. Ketika kita menghadapi perbedaan yang ada tetapi kita harus bisa memberikan jalan yang baik dengan menyeseuaikan metode, dan strategi yang bisa berpusat pada peserta didik dan juga menerapkan profil pelajar pancasila.

Keterkaitan pada topik II dan topik III

a.      Topik ke II kita belajar tentang dasar pemikiran ki hajar dewantara yang dari hasil pemikiran dijadikan acuan, pemangku kebijakan dan pejuang pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan yang merdeka belajar. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan dimana guru memberikan ilmu dan faedah yang baik sebagai bekal kepada peserta didik sehingga bisa menjalani kehidupan baik secara lahir dan batin. Kita wajib menuntuk kodrat manusia kea rah yang lebih baik agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan baik sebagai anggota masyarakat dan juga sebagai seorang manusia. Dimana kita mengalami perbedaan terutama tentang perkembangan zaman yang ada sehingga sbeisa mungkin kita memberikan pengajaran sesuai dengan keadaan dan kondisi.

b.      Pada topik III kita belajar tentang identitas manusia Indonesia dan termuat di pancasila. Dimana pancasila merangkum tentang nilai-nilai, jiwa dan semangat yang dihidupi dan menjunjung tinggi nilai saling tolong menolong(gotong royong). Ditengah keberagaman diharapkan di dalam pendidikan tetap bisa menyatukan keberagaman dan melawan segala hal yang bisa memecah kesatuan.

c.       Pada topik II dan III mempunyai keterkaitan dimana kita harus bisa memberikan pembelajaran yang sesuai dengan perbedaan keberagaman yang ada dan juga memberikan pengajaran dimana kita harus memberikan ilmu dan materi yang bisa bermanfaat dalam kehidupan menjadi manusia dan ketika terjun di lingkungan masyarakat karena di dalam topic III pancasila mengajarkan dimana kita harus menghargai perbedaan dan bisa menjunjung tinggi nilai saling tolong menolong karena dengan adanya semangat dalam diri dalam pendidikan. Semuanya berdasarkan pada pancasila sebagai dasar dan sila yang terkandung memuat prateknya kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi