KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 5 PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARANNYA

 

Koneksi Antar Materi tentang Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis,
Contoh, dengan topik lain yang berkaitan di mata kuliah ini atau mata kuliah lain atau dengan
kehidupan sehari-hari yang berkaitan.

1.      Profilling Peserta Didik (Mata Kuliah Pemahaman Peserta Didik dan
Pembelajarannya)

Sebelum melaksanakan pembelajaran guru perlu melaksanakan profiling peserta didik dan melaksanakan asesmen diagnostic untuk mengetahui karakteristik peserta didik dan kemampuan awal yang dimilikinya. Selain itu asesmen dilaksanakan untuk menemukan dan mendeteksi kekurangan, kesalahan, atau kelemahan peserta didik dalam belajar, sehingga guru dapat mencari alternatif penyelesaian permasalahan tersebut (Finding
Out).

 

2.      Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di SD

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru bertujuan memantau perkembangan pemahaman peserta didik dan mengecek capaian pembelajaran yang dicapai speserta didik, serta memberikan penilaian pada proses dan hasil belajar peserta didik.

 

3.      Design Thinking

Salah satu tujuan penerapan design thinking adalah pemberian asesmen, penilaian dan evaluasi untuk peserta didik dapat tercapai maksimal sesuai dengan CP yang telah ditetapkan. Contoh asesmen yang dapat digunakan setelah penerapan design thinking adalah Product Assesment dan Self Asessment.

 

4.      Praktik Pengalaman Lapangan 1

Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan setelah merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, pendidik melaksanakan asesmen secara menyeluruh untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran atau CP yang ditetapkan yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan sudah tercapai atau belum dan hasil asesmen juga digunakan untuk membuat rencana tindak lanjut dalam pembelajaran selanjutnya. Dalam praktik pengalaman lapangan, guru tidak hanya melakukan asesmen pada hasil belajar peserta didik saja namun juga pada proses pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik.

 

5.      Perancangan dan Pengembangan Kurikulum.

Saat ini pendidik diberi keleluasaan untuk merancang kurikulum pembelajaran. Dalam merancang kurikulum pembelajaran pendidik diminta mernyusun asesmen yang akan digunakan untuk mengukur keterlaksanaan pelaksanaan kurikulum pembelajaran tersebut. Dalam Menyusun asesmen pendidik dibebaskan menentukan kapan asesmen akan dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Pendidik juga diberikan kebebasan untuk memilih instrument apa yang akan digunakan dalam pembelajaran dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik, karakteristik kompetensi, serta kondisi satuan Pendidikan.

 

6.      Filosofi Pendidikan Indonesia

Pendidikan dan pengajaran merupakan proses memanusiakan manusia, sehingga Pendidikan harus mampu memerdekakan manusia dalam segala aspek kehidupannya termasuk dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan seseorang. Dalam pelaksanaan asesmen dapat membantu mendapatkan gambaran perkembangan kemampuan peserta didik yang mencakup kompetensi, karakter dan keterampilanpeserta didik serta kondisi jasmani dan rohani peserta didik.

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Sayang dan makna bahasa jawa

Teaching Writing

Evaluasi pembelajaran dalam literasi