Materi Jurnal Refleksi Filosofi Pendidikan PPG Semester 2
|
Nama Matakuliah |
Filosofi Pendidikan (tuliskan nama mata kuliah yang pengalaman belajarnya akan direfleksi) |
|
Review
pengalaman belajar. |
·
Filosofi adalah mata
kuliah yang mempelajari tentang perjalanan dan sejarah pendidikan dan ini
dimulai dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dalam filosofi pendidikan ada satu
topik yang akan saya bahas yaitu Identitas Manusia Indonesia dimana entitas
manusia yang menghayati nilai-nilai kemanusiaan. Tiga hal hakiki yang layak
ditegaskan sebagai nilai kemanusiaan khas Indonesia, yakni nilai
kebhinekatunggalikaan, nilai-nilai Pancasila dan religiusitas. ·
Keragamaan
(kebhinekaan) itu merupakan pengalaman yang secara hakiki membentuk
identitas keindonesiaan sejak Indonesia belum diakui sebagai sebuah Negara. Keragaman merupakan nilai kemanusiaan Indonesia yang
menjadi identitas bangsa dan budaya Indonesia. ·
Pemikiran
Koentjaraningrat, budaya mempunyai tiga wujud. Wujud pertama dari
budaya adalah ide, gagasan, nilai, atau norma yang dihidupi di tengah konteks
masyarakat. Wujud kedua adalah berbagai aktivitas atau pola tindakan
manusia di tengah masyarakat. Yang ketiga adalah benda-benda bernilai yang
dihasilkan oleh aktivitas manusia atau disebut juga artifact. Menurut
Koentjaraningrat budaya juga memuat tujuh unsur penting, yakni bahasa,
kesenian, sistem religi, sistem teknologi, sistem mata pencaharian,
organisasi sosial, dan sistem ilmu pengetahuan. ·
Tujuan perumusan Pancasila adalah
untuk menemukan perekat dan penyatuan hidup berbangsa bagi segala suku dan bangsa
di nusantara. Pancasila berisi “djiwa bangsa Indonesia” karena merupakan
intisari yang merangkum nilai-nilai, jiwa dan semangat yang dihidupi oleh
orang-orang Indonesia yang selalu menjunjung tinggi nilai gotong-royong. Hal
ini juga ditegaskan oleh Ki Hajar Dewantara. Sila-sila
Pancasila memuat imperative etis untuk hidup bersatu, bertanggungjawab,
bekerjasama, hidup adil dan bermusyawarah (bergotong-royong) untuk memenuhi
kebutuhan hidup setiap pribadi dan bersama dalam segala dimensinya ·
Pendidikan adalah proses untuk melestarikan keragaman, menemukan
nilai-nilai yang menyatukan keragaman, dan melawan segala bentuk yang
merongrong kesatuan. Karenanya, pendidikan mesti menjadi praksis hidup
bersama yang saling peduli, mengasihi, menghargai dan bukan saling
mengalahkan dalam semangat kompetisi. ·
Religiositas merupakan “ibu dari cinta kepada kebenaran,
kesukaan pada gejala yang wajar, sederhana, jujur dan sejati” agama adalah
bunga yang indah, religiusitas merupakan sari bunga yang terletak di dalam jantung
bunga itu. religiusitas dan agama (religion) merupakan dua sisi dari
model kehidupan yang menyatukan aspek empiris dan meta empiris atau
menyatukan dua sisi insani, yakni sisi jasmaniah dan rohaniah. Ziarah
merupakan lambang dari perjalanan hidup manusia yang terus menerus perlu
memahami jati dirinya, relasinya dengan Tuhan, dan keterbukaan untuk
mengalami bantuan serta bimbingan-Nya demi kehidupan yang lebih baik dan
sejahtera. (tuliskan hasil review
berupa pengalaman belajar yang dipilih untuk direfleksi lebih lanjut: Apa
yang telah saya pelajari di mata kuliah ini?) |
|
Refleksi pengalaman belajar
yang dipilih |
1. Topik tentang identitas manusia
dimana kita kelak menjadi guru bisa menerapkan tentang nilai
kebhinekatunggalikaan, nilai-nilai Pancasila dan religiusitas yang bisa
diterapkan kepada peserta didik. Ketiga nilai itu saling berkitan dan
berkesinambungan serta menjadikan kita bisa melestarikan keragaman,
menemukan nilai-nilai yang menyatukan keragaman, dan melawan segala bentuk
yang merongrong kesatuan. 2. Saya mempelajari mata
kuliah di topic tersebut dengan mengaitkan keragaman yang ada di lingkungan
sekolah tersebut kemudian memberikan penguatan dan pemahaman dengan sila
pancasila karena itu merupakan dasar terutama kelima sila pancasila sangat
mencerminkan sebagai identitas kita sebagai orang Indonesia dan melihat jika
kegiatan spiritual juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita karena ini
juga berhubungan dengan sang pencipta yang telah menciptakan bumi dan isinya. Saya mempelajari materi ini dengan membaca
konsep yang disajikan di LMS dan jika dibutuhkan referensi maka saya akan
mencari jurnal yang berhubungan dengan topic yang dibahas agar menambah
ilmu dalam memaknai materi Identitas
Manusia Indonesia. 3. Strategi
yang akan saya implementasikan dalam kehidupan saya setelah mempelajari
materi tersebut adalah dimana keberagaman yang ada di sekitar kita adalah
bukti jika kita memang diciptakan berbeda dan unik satu sama lain sehingga
diperlukan saling menghargai perbedaan yang ada. Makna pancasila dalam
kehidupan sehari-hari dimana kita sebagai manusia harus berpegang teguh
dengan agama dan keyakinan sebagai dasar dalam menjalani kehidupan sesuai
sila 1 pancasila. sikap saling membantu dan menghargai pendapat yang harus
saya terapkan dalam hidup terutama kita sebagai makhluk social yang tidak
bisa hidup sendiri selalu membutuhkan bantuan orang lain. Menumbuhkan sikap
cinta tanah air dengan menjunjung tinggi kebudayaan daerah dan tetap
melestarikan dengan melalui kegiatan lomba yang bisa mengetahui kreativitas
peserta didik dalam mengkombinasikan dengan hal yang baru. Strategi yang saya
implementasikan dalam mempelajari akan penting karena bisa saya praktekan
kepada peserta ddik sehingga kelak dalam proses pembelajaran menjadi lebih bermakna
dan tujuan dalam pendidikan bisa dicapai dengan baik karena dengan adanya
kesadaran dan pemahaman penuh dari peserta didik akan menjadikan Negara
Indonesia sebagai Negara yang maju karena seorang pemimpin biasanya lahir
dari orang yang mempunyai semangat belajar yang tinggi, sikap saling
menghargai serta menjunjung tinggi nilai yang terkandung dalam sila
pancasila. (tuliskan
refleksi terhadap pengalaman belajar terpilih: 1) Mengapa topik-topik
tersebut penting dipelajari? 2) Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang
ada pada mata kuliah tersebut? 3)Apakah strategi yang diimplementasikan dalam
mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?) |
|
Analisis artefak pembelajaran |
(cantumkan
visual artefak pembelajaran yang mendukung hasil refleksi pengalaman belajar
atau tautannya di sini, beserta analisis Anda terhadap artefak pembelajaran
tersebut.) |
|
Pembelajaran bermakna (good
practices) |
(tuliskan
garis besar makna yang diperoleh dari aktivitas refleksi diri terhadap
pengalaman belajar mata kuliah ini: Bagaimana saya akan menggunakan apa yang
sudah dipelajari untuk memperbaiki diri saya sebagai individu dan sebagai
guru, serta membawa perubahan terhadap siswa? |
Comments
Post a Comment